15 Manfaat Buah Sukun dan Kandungan Nutrisinya

Buah sukun kaya akan karbohidrat dan mengandung sejumlah serat makanan, mineral dan vitamin. Apa saja manfaat buah sukun untuk kesehatan dan apa kandungan nutrisinya, mari kita gali lebih dalam.

Sukun memiliki nama ilmiah Artocarpus Altillis merupakan anggota keluarga murbei. Buahnya memiliki kulit berwarna hijau dari luar namun daging buahnya berwarna kekuningan. Buah sukun biasanya dikonsumsi dengan direbus atau digoreng. Rasanya gurih agak manis dan bisa membuat kenyang seperti makan roti. Buah sukun dalam bahasa inggris pun dinamai breadfruit, yang berarti buah roti. Banyak sekali manfaat kesehatan buah sukun, dan manfaat ini juga terlihat pada kulit dan rambut.

manfaat buah sukun untuk jantung, kulit, rambut

Manfaat Buah Sukun untuk kesehatan

1. Manfaat buah sukun untuk jantung, kolesterol dan kardiovaskular

Sukun merupakan sumber kalium. Nutrisi yang bagus untuk jantung ini menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Bagi penderita kolesterol tinggi, buah sukun juga sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi kolesterol karena mengandung serat tinggi sehingga mencegah penyerapan di usus. Kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh akan turun, sementara kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat sehingga akan mengurangi tingkat trigliserida, yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung.

2. Buah sukun sebagai sumber energi

Hanya dengan mengkonsumsi 1 cangkir buah sukun saja memberikan 60 gram karbohidrat, yang merupakan sumber utama energi dalam tubuh. Ini tentu saja sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin tampil lebih enerjik.

3. Melawan infeksi

Mengkonsumsi buah sukun juga bagus untuk pertahanan melawan infeksi karena buah sukun mengandung antioksidan cukup tinggi. Antioksidan sangat membantu dalam melawan radikal bebas berbahaya dari tubuh yang menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Lemon Untuk Tubuh

4. Asam lemak Omega 3 dan 6

Sukun mengandung kaya asam lemak omega 3 dan omega 6, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak dan tubuh.

5. Manfaat buah sukun untuk diabetes

Penderita diabetes juga dapat merasakan manfaat dari buah sukun. Pada penderita diabetes serat membantu menghambat penyerapan glukosa sehingga tidak mengakibatkan lonjakan gula darah. Selain itu, terdapat senyawa dalam buah sukun yang dibutuhkan prankreas untuk memproduksi insulin.

6. Buah sukun untuk kesehatan gigi

Jika anda sakit gigi, anda bisa mencoba memanggang bunga sukun hingga menjadi arang, kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

7. Manfaat buah sukun untuk maag dan pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah sukun, membantu dalam berfungsinya usus besar dan usus halus serta membuang racun dalam usus. Oleh karena itu penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag, asam lambung, tukak lambung dan gastritis dapat dicegah. Bahkan, buah sukun juga ikut serta menangkal bahan kimia penyebab kanker usus besar guna melindungi membran mukosa usus.

Manfaat sukun untuk Kulit

8. Mencegah radang kulit berlebihan

Peradangan kulit dapat dikurangi dengan ekstrak sukun segar. Ektrak tersebut membantu melakukan pencegahan produksi oksida nitrat berlebihan serta menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi, sehingga radang kulit bisa dicegah.

9. Meningkatkan produksi kolagen

Jumlah vitamin C yang cukup tinggi pada buah sukun dapat membantu produksi kolagen. Jadi, anda bisa menjaga kulit tetap kencang, dan tampak muda dengan minum jus buah sukun.

10. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Baru

Untuk anda yang sering terkena paparan sinar matahari, zat antioksidan dalam buah sukun cukup efektif dalam memberikan perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, zat antioksidan sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan sel-sel baru guna membuat kulit yang rusak terlihat halus dan muda.

Baca Juga :  Manfaat Kulit Buah Lemon untuk Asam Urat

11. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Abu dari daun sukun berguna untuk menyembuhkan infeksi kulit.

12. Pengobatan Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan peradangan dapat disembuhkan dengan mengoleskan getah dari pohon sukun pada permukaan kulit yang terkena penyakit kulit seperti.

Manfaat sukun untuk rambut

13.Membantu Pertumbuhan rambut

Kandungan zat besi dengan jumlah moderat pada buah sukun membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit
kepala, merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

14. Memelihara rambut

Dalam hal menjaga kesehatan rambut, buah sukun mengandung beberapa nutrisi yang disukai rambut. Kandungan cukup tinggi vitamin C pada buah sukun membantu dalam penyerapan mineral dan memberikan nutrisi untuk rambut.

15. Manfaat sukun untuk mengobati ketombe, gatal-gatal & kerusakan rambut

Sebagai sumber asam lemak omega 3 dan omega 6, mengkonsumsi buah sukun dapat menjaga kondisi rambut dan mengurangi rambut patah secara alami. Asam lemak membantu mengontrol produksi sebum di kulit kepala, sehingga dapat mengurangi ketombe dan gatal-gatal. Selain itu, kerontokan rambut dapat dicegah, karena asam lemak buah sukun menghambat kematian sel dan peradangan pada kulit kepala.

Kandungan nutrisi buah sukun per 100gram

tabel kandungan nutrisi dan vitamin buah sukun 1 tabel kandungan nutrisi dan vitamin buah sukun 2 tabel kandungan nutrisi dan vitamin buah sukun 3

Dari tabel di atas kita bisa mengetahui bahwa buah sukun mengandung tingkat moderat vitamin dan mineral. Buah sukun memberikan jumlah tinggi vitamin C. Satu buah sukun ukuran sedang memberikan 29 mg vitamin, sebesar 48% dari angka kecukupan gizi. Dan masih banyak nutrisi yang terkandung didalamnya. Sehingga, manfaat buah sukun untuk kesehatan sangat banyak.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *