Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Diposting pada

Kafein yang ditemukan pada kopi memiliki efek buruk pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Lalu bagaimana jika ibu hamil minum kopi? Apa bahayanya minum kopi bagi ibu hamil dan janin?

Minum kopi saat hamil ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ketika anda dinyatakan positif hamil maka saat itu juga anda harus menghindari makanan atau minuman yang berdampak buruk pada janin anda. Kopi merupakan minuman lezat yang dikenal mengandung tinggi kafein. Dan kafein berlebih dalam tubuh anda dapat berakibat buruk pada janin. Jadi bolehkah minum kopi saat hamil?

apa boleh ibu hamil minum kopi
Credit : Amin / CC Attribution-Share Alike 4.0 International

Apakah ibu hamil boleh minum kopi?

Ya, ibu hamil boleh minum kopi saat hamil namun harus membatasinya. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kafein hanya 200 mg per hari. Itu sekitar 1 hingga 2 cangkir kopi tergantung jenisnya. Kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dan bisa berdampak pada janin yang dikandung. Itulah mengapa asupan kopi harus dibatasi pada ibu hamil.

Efek negatif minum kopi bagi ibu hamil

Ketika anda minum kopi berarti anda mengirim sejumlah kafein ke dalam tubuh. Di dalam tubuh, kafein mengurangi elastisitas pembuluh darah, meningkatkan detak jantung anda dan meningkatkan tekanan darah anda, yang dapat mengganggu asupan oksigen, dan nutrisi pada janin yang sedang berkembang.

Ketika anda hamil, kafein juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuang. Polifenol pada kopi juga disebut berperan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, nutrisi yang diperlukan. Beberapa wanita rentan mengalami anemia, kekurangan zat besi, selama kehamilan. Selain itu, kafein dalam kopi bisa memicu rasa panas di beberapa wanita hamil. Selain itu, kafein dalam kopi bisa memicu heartburn pada beberapa wanita hamil, dimana dada terasa panas karena asam lambung naik.

Kadar kafein tinggi sebagai akibat minum kopi berlebihan saat hamil dapat meracuni janin sehingga dapat menyebabkan terjadinya gangguan tumbuh kembang janin, keguguran dan kematian janin dalam kandungan. Hal itulah yang menjadi alasan ibu hamil sebaiknya menghindari minum kopi berlebihan.

Ibu hamil muda sebaiknya berhati-hati minum kopi

Ibu muda sebaiknya hindari minum kopi yang kaya kafein. Dari penelitian tahun 2001 yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein saat hamil menggandakan risiko seorang wanita untuk keguguran pada trimester pertama. Sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan anda mengenai ibu hamil muda boleh minum kopi atau tidak.

Makanan dan minuman lain mengandung kafein

Selain kopi ada beberapa makanan dan minuman yang mungkin mengandung kafein. Anda harus memperhitungkannya jika ingin mengkonsumsinya saat hamil

1. Teh

Teh mengandung sedikit kafein. Namun bukan berarti tidak memperhitungkan kandungan kafeinnya. Itulah kenapa ada yang bilang ibu hamil tidak boleh minum teh dan kopi. Namun mengingat teh kaya akan manfaat, sehingga Ibu hamil dapat mengkonsumsi teh dengan jumlah dibatasi. Sebaiknya ibu hamil memilih teh hijau untuk dikonsumsi karena kandungan kafeinnya lebih rendah dan antioksidan lebih tinggi.

2. Minuman Cola dan bersoda

Minuman Cola dan bersoda sebaiknya dihindari karena mengandung kafein cukup tinggi

3. Cokelat

Cokelat juga, mengandung sejumlah kafein. Jadi, sebaiknya hindari semua produk yang mengandung cokelat, seperti cokelat batangan, permen, es krim, cookies, dan minuman cokelat.

Bagaimana minum kopi saat hamil?

Saat hamil sebaiknya tidak rutin minum kopi dan hanya minum hanya ketika benar-benar ingin saja. Pilih kopi yang rendah kafein sehingga kesehatan janin anda lebih aman. Anda juga harus memperhatikan asupan kafein dari makanan atau minuman lainnya dan jangan sampai anda mendapatkan asupan kafein lebih dari 200 mg/hari. Anda mungkin bisa mencoba beralih minum teh hijau yang kandungan kafein lebih sedikit atau minum jus buah yang lebih segar dan sehat.

Demikian artikel kami tentang apakah boleh minum kopi saat hamil, semoga bermanfaat.

Sumber : sumber 1, sumber 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *