Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi?

Diposting pada

Sebagian orang beranggapan waktu terbaik minum kopi adalah di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Hal itu dikarenakan mereka percaya mengawali hari dengan minum kopi setelah bangun tidur, suasana hati lebih lebih baik dan merasa lebih bersemangat. Namun nyatanya minum kopi setelah bangun tidur bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Ada waktu yang tepat untuk minum kopi yang baik untuk kesehatan anda.

waktu yang tepat minum kopi untuk kesehatan

Minum kopi pada waktu yang sesuai dapat meningkatkan dan mengatur produktivitas, suasana hati, nafsu makan, kesehatan, menjadikan fungsi tubuh baik dan normal. Namun jika minum kopi di waktu yang tidak tepat, hal tersebut dapat mengacaukan sistem kerja tubuh. Misalnya anda bangun antara jam 5 pagi. anda mungkin belum merasa berenergi, tetapi anda tidak perlu khawatir, tubuh Anda akan mulai memproduksi hormon yang disebut kortisol untuk membuat anda bersemangat. Kortisol dikenal sebagai hormon stres dan membuat anda bersemangat, dan anda tidak perlu minum kopi sampai sekitar 9:30 atau 10 pagi. Yang harus Anda lakukan sebelum waktu tersebut adalah makan sarapan yang sehat untuk memberi anda nutrisi yang menghasilkan energi untuk anda. Setelah sekitar pukul 10 pagi, kadar kortisol Anda mulai menurun dan inilah waktu yang pas minum secangkir kopi untuk membuat Anda tetap bersemangat.

Pada tengah hari, dari sekitar jam 12 hingga jam 1 siang, produksi kortisol Anda memuncak lagi. Dari sekitar jam 1.30 sampai jam 5 sore Anda dapat menikmati kopi lagi. Setelah itu tubuh menghasilkan kortisol terakhir sekitar pukul 17.30 hingga 18.30 dan akan berlangsung sampai malam tiba.

Ketika hari mendekati gelap, otak akan mulai mempersiapkan bagian kedua dari siklus tidur-bangun tidur. Saat tidur, dengan memproduksi melatonin (hormon tidur). Dengan demikian, kelenjar pineal di otak Anda menghasilkan melatonin untuk menginduksi tidur. Dan karena tidur sangat penting untuk kekebalan tubuh yang baik, perbaikan DNA dan memberikan perlindungan terhadap penyakit dan efek antioksidan penting, anda harus beristirahat dan menghindari kopi di malam hari.

Minum kopi di waktu malam hari

Sebagian besar orang akan berhenti minum kopi di malam hari sebelum tidur. Menurut studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menemukan bahwa kafein dapat memengaruhi tidur Anda jika dikonsumsi bahkan enam jam sebelum tidur. Itu berarti bahwa jika anda mau tidur jam 11 malam, anda harus berhenti minum minuman berkafein pada jam 5 sore.

Minum kopi dalam enam jam sebelum tidur dapat menyebabkan banyak efek buruk. Jika Anda minum kopi di malam hari, anda mungkin kehilangan total jam tidur, kesulitan tidur, dan kurang tidur nyenyak.

Minum kopi di waktu malam hari bisa membuat anda lelah karena kurang tidur dan menyebabkan ketergantungan pada kopi. Hal ini dapat membahayakan kesehatan serius. Para peneliti di Harvard telah menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kronis.

Waktu yang baik untuk minum kopi

Waktu yang baik dan ideal untuk minum kopi adalah waktu dimana produksi hormon kortisol menurun. Kafein akan dapat menggantikan peran kortisol ketika produksinya menurun.

  • 09: 30 – 11: 30
  • 13: 30 – 17: 30

Waktu yang tidak baik untuk minum kopi

  • Sebelum 09.00
  • 12: 00 – 13: 30
  • Setelah 17: 30

Dampak buruk minum kopi pada waktu yang tidak tepat

Ketergantungan pada kafein

Jika anda mengawali hari dengan minum kopi di pagi hari setelah bangun tidur maka tubuh anda akan memproduksi kortisol lebih sedikit karena bersaing dengan kafein. Pada waktu tersebut produksi kortisol sedang memuncak. Hal ini akan membuat tubuh anda menjadi bergantung pada kafein untuk membuat anda lebih bersemangat.

Meningkatkan resiko gangguan kardiovaskular

Minum kopi pada waktu yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular, salah satunya serangan jantung. Kadar kortisol secara alami akan meningkat hingga puncak tertinggi di pagi hari sekitar pukul 8-9 pagi. Kebanyakan orang bangun lebih awal dan kemudian minum kopi hitam sebelum jam tersebut, atau bahkan lebih dari satu cangkir.

Bagi yang sudah pernah menderita gangguan kardiovaskular seperti hipertensi, palpitasi, ekstrasistol, riwayat serangan jantung atau stroke, minum kopi pertama di pagi hari dapat memicu gangguan kardiovaskular yang signifikan dan memperburuk kondisi penyakit tersebut.

Kekurangan gizi dan dehidrasi.

Hal yang seharusnya dilakukan di pagi hari adalah makan sarapan bergizi dan minum air putih. Minum kopi sebelum sarapan menyebabkan dehidrasi dan akan mengganggu penyerapan nutrisi yang anda konsumsi dari sarapan. Minum kopi tanpa sarapan terlebih dahulu bahkan lebih buruk karena sepenuhnya menghilangkan nutrisi penting yang anda butuhkan untuk tetap sehat dan berenergi.

Kelelahan.

Meskipun minum kopi awalnya membuat anda bersemangat, minum secangkir kopi di pagi hari tidak akan membuat anda bersemangat dan segar sepanjang hari. Ketika efeknya habis, Anda akan mulai mengalami kelelahan dan kehilangan ujung Anda. Seiring waktu, efek ini diperbesar karena kopi diketahui membatasi penyerapan vitamin dan mineral yang memberi Anda energi yang sebenarnya. Minum kopi lebih banyak mungkin akan menciptakan toleransi terhadap kafein, menyebabkan kekurangan nutrisi dan kelelahan.

Memperburuk gangguan pencernaan

Salah satu waktu yang dilarang minum kopi adalah minum kopi di pagi hari tanpa sarapan terlebih dahulu. Hal ini dapat memperburuk gangguan pencernaan anda, salah satunya maag. Minum kopi saat perut kosong memperburuk asam lambung, gastritis, dan bahkan sindrom iritasi usus. Untuk meminimalkan gangguan pencernaan karena minum kopi sebaiknya hindari minum kopi yang terlalu kuat, jangan minum kopi saat perut kosong dan berikan jeda dengan tidak minum kopi setiap hari.

Dapat meningkatkan iritabilitas dan insomnia.

Minum kopi di malam hari mengganggu ritme sirkadian yang normal dengan menginduksi kewaspadaan dan bersaing dengan efek melatonin, hormon tidur. Hal ini dapat menyebabkan insomnia, sakit kepala, iritabilitas, penurunan produktivitas, kabut otak dan keseluruhan disposisi buruk dengan potensi untuk menambah gejala gangguan mental yang ada.

Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?

Waktu minum kopi yang tepat dan bagus untuk kesehatan adalah saat perut kenyang, setelah sarapan bergizi jam 09.30 hingga sebelum makan siang atau di sore hari, sebelum jam 5 sore. Minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan karena saat itulah tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut kortisol dalam jumlah besar yang secara alami bersifat stimulan. Juga, minum kopi pertama di pagi hari sebelum sarapan itu buruk untuk jantung dan pencernaan anda, terutama jika anda sudah menderita hipertensi, refluks asam atau gastritis.Demikian artikel kami tentang Kapan waktu terbaik untuk minum kopi, semoga bermanfaat.

Sumber : sumber 1 , Sumber 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.