Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak sering kita abaikan ketimbang buahnya. Namun tak disangka, daun sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Air rebusan daun sirsak dipercaya bisa menyembuhkan beberapa kondisi penyakit seperti asam urat, hipertensi, diabetes bahkan kanker.

Sirsak merupakan tumbuhan yang berasal dari dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Di Indonesia Sirsak sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Buah sirsak memiliki warna kulit hijau dan dagingnya memiliki rasa asam manis dan disukai kebanyakan orang. Buah sirsak sering kita nikmati dengan cara membuat jus atau memakannya langsung. Daun Sirsak kurang begitu mendapat perhatian. Padahal ada beberapa manfaat kesehatan daun sirsak yang bagus untuk kesehatan.

manfaat air rebusan daun sirsak untuk kesehatan
Credit : User:BMR/public domain-wikipedia

Manfaat air rebusan daun sirsak untuk kesehatan

Daun sirsak dikenal sebagai obat tradisional sehingga banyak kita jumpai dalam produk herbal. Berikut adalah khasiat manfaat minum air rebusan daun sirsak untuk kesehatan.

Mematikan sel kanker 

Minum air rebusan daun sirsak dipercaya dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker. Daun sirsak mengandung Acetogenin yang cukup tinggi. Acetogenin merupakan senyawa anti kanker yang membantu menghambat pertumbuhan kanker. Manfaat daun sirsak untuk kanker juga terungkap dari jurnal yang diterbitkan departemen kesehatan dalam penelitian potensi ekstrak daun sirsak dengan objek uji coba hewan. Dalam penelitian tersebut ekstrak daun sirsak dapat mampu menghambat proliferasi sel tumor hepar pada seekor tikus. Sementara penelitian lain oleh Universitas Lampung Bandar Lampung, ekstrak ethanol daun sirsak berpotensi memiliki efek kemoterapi pada kanker.

Menyembuhkan asam urat

Khasiat air rebusan daun sirsak dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi nyeri sendi. Senyawa yang terkandung dalam daun sirsak diantaranya tannin, resin, dan crytallizable magostine berfungsi sebagai analgesik untuk mengurangi nyeri sendi dan  antioksidan kuat untuk mengurangi terbentuknya asam urat.

Baca Juga :  10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

Menurunkan kolesterol

Air rebusan daun sirsak merupakan salah satu herbal yang diketahui memiliki efek menurunkan kolesterol. Dalam daun sirsak terkandung flavonoid, tannin dan saponin berperan dalam menurunkan kolesterol darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi sangat berisiko untuk mengalami gangguan jantung dan stroke. Kandungan kalium tinggi pada daun sirsak dapat menurunkan tekanan darah secara efektif.
Meskipun manfaat rebusan daun sirsak sudah terbukti, namun saat ini belum ada studi mengenai dosis yang tepat dan aturan minum yang tepat. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia untuk mendapatkan komposisi yang tepat.

Membantu diet untuk turunkan berat badan

Kandungan saponin pada daun sirsak dapat menghambat peningkatan berat badan. Minum air rebusan daun sirsak sangat membantu bagi penderita obesitas yang ingin menjalani diet menurunkan berat badan.

Membantu Meningkatkan Imunitas

Kandungan Annohexocin, annocatalin, asam linoleat dan anomurine pada daun sirsak membantu mempertahankan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Minum air rebusan daun sirsak akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Menyembuhkan diabetes

Minum air rebusan daun sirsak diyakini dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Daun sirsak mengandung senyawa aktif flavonoid dan tanin yang bersifat anti diabetik. Anda bisa mencoba minum air rebusan daun sirsak untuk mengobati diabetes anda.

Cara membuat rebusan daun sirsak

 Cara pengolahan daun sirsak untuk kanker:

– Ambil dan cuci 10 daun sirsak tidak terlalu muda atau tua.
– Potong-potong daun sirsak
– Rebus daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi satu gelas.
– Kemudian saring dan dinginkan.
– Minum ramuan ini secara rutin setiap pagi selama 3-4 minggu.

Baca Juga :  15 Makanan Penurun Kolesterol

Cara merebus daun sirsak yang benar untuk asam urat

– Ambil dan cuci 6-10 daun sirsak
– Potong-potong daun sirsak
– Rebus daun sirsak dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal satu gelas.
– Minum ramuan ini dalam dua kali sehari

Cara membuat ramuan daun sirsak untuk diabetes

– Ambil dan cuci 2-5 helai daun sirsak.
– Potong-potong daun sirsak
– Rebus ke dalam 3 gelas air sampai mendidih.

Setelah itu konsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Cara minum rebusan daun sirsak yang benar.

Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan 30 menit sebelum dan sesudah minum rebusan daun sirsak. Kualitas dan khasiat air rebusan mungkin hanya bertahan 7-8 jam. Jangan minum air rebusan daun sirsak yang sudah lebih dari 12 jam karena kemungkinan telah basi.

Efek samping air rebusan daun sirsak

Efek samping minum air rebusan daun sirsak dengan dosis tinggi atau berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Karena zat tertelan akan masuk ke hati dan ginjal karena keduanya organ utama yang membuang zat organik yang larut dalam air, termasuk zat beracun.

Penderita parkinson, epilepsi, wanita hamil dan menyusui, anak-anak disarankan untuk tidak minum air rebusan daun sirsak. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mencoba ramuan ini.

Demikian artikel kami mengenai manfaat air rebusan daun sirsak, semoga bermanfaat.

Sumber 1, sumber 2, sumber 3

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *