Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Tahukah Anda bahwa banyak khasiat jus alpukat bagi ibu hamil. Oleh sebab itu banyak ibu hamil yang mengkonsumsi buah ini. Rasa buah alpukat sangat hambar namun daging buahnya begitu empuk dan enak. Bila dimakan, buah ini memberikan rasa kenyang lebih lama pada perut. Selain mengkonsumsinya secara langsung, alpukat juga biasa dinikmati dalam bentuk jus.

manfaat jus alpukat untuk ibu hamil
Credit : anasegota @pixabay/ CC0 1.0 Universal

Kandungan buah alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga anda mungkin akan sering memasukkan jus alpukat dalam menu diet hamil anda. Jus alpukat menawarkan minuman sehat, bernutrisi tinggi dan banyak manfaat hanya dalam satu gelas.

Kandungan dalam jus alpukat untuk ibu hamil diantaranya asam lemak tak jenuh tunggal, kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat Besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, magnesium dan potassium. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam jus alpukat tersebut dibutuhkan selama masa kehamilan untuk kesehatan dan perkembangan janin.

Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat jus alpukat bagus untuk ibu hamil muda. Awal-awal masa kehamilan adalah masa pembentukan organ sehingga ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lengkap. Berikut ini merupakan manfaat jus alpukat untuk ibu hamil.

Mencegah terjadinya cacat otak pada janin

Asam folat yang terkandung pada buah alpukat sangat tinggi. Dipercaya bahwa kandungan asam folat tersebut sangat baik bagi ibu hamil beserta janinnya. Kandungan asam folat mampu menghindarkan janin dari gangguan cacat otak. Dari sini anda pasti sangat ingin memenuhi kebutuhan asam folat ketika hamil, tentu saja konsumsi jus buah alpukat merupakan pilihan yang tepat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat jus alpukat bagi ibu hamil ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E dalam buah alpukat dapat membangun sistem kekebalan tubuh ibu hamil secara maksimal.

Baca Juga :  12+ Makanan Yang kaya Omega-3 (Ikan dan Selain Ikan)

Memberikan asupan kalsium

Alpukat mengandung sejumlah kalsium. Ibu hamil minum jus alpukat akan memberikan tambahan kalsium untuk tubuh dan janin. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium daripada wanita pada umumnya. Selama kehamilan, kalsium membantu membangun tulang, gigi, saraf, dan otot bayi Anda. Jika kurang mendapatkan asupan kalsium, ibu hamil berisiko menderita tulang keropos karena kalsium diambil dari cadangan tubuh.

Menyediakan lemak sehat

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak lemak. Ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak lemak dalam diet anda. Namun dengan minum jus alpukat, anda akan mendapatkan lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal yang ramah jantung.

Membantu menyerap nutrisi makanan lain

Ibu hamil dapat membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan lain dengan minum jus alpukat. Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak. Lemak inilah yang membantu proses penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak.

Mengurangi Resiko Gestational Diabetes

Dalam segelas jus alpukat menyediakan sejumlah besar serat. Serat yang terkandung dalam alpukat dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.

Mengurangi Risiko Preeklamsia

Kandungan tinggi kalium dalam buah alpukat dapat membantu mengurangi risiko preeklamsia. Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang berbahaya yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ lain. Sementara, asupan tinggi kalium telah ditunjukkan dalam banyak penelitian untuk mengurangi tekanan darah.

Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Menjelang akhir masa kehamilan, ibu hamil sering menderita sembelit. Ibu hamil yang minum jus alpukat akan terhindar dari sembelit karena buah alpukat mengandung tinggi serat dan magnesium.

Membuat pertumbuhan janin agar tetap sehat itu sangat diperlukan. Terutama dengan memasukkan jus alpukat dalam menu diet kehamilan anda. Meski ada banyak sekali makanan lezat namun pilih yang terbaik untuk perkembangan janin anda. Cukup makan makanan sehat ditambah jus alpukat untuk membantu anda dan janin akan selalu sehat selama masa kehamilan

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *