Manfaat Kayu Manis dan Madu Untuk Kesehatan dan Kulit

Manfaat kayu manis dan madu untuk kesehatan tidak diragukan lagi kemampuannya dalam pengobatan alami. Keduanya memiliki sifat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan sering dijadikan bahan untuk herbal. Artikel kali ini akan membahas manfaat kayu manis dicampur madu untuk kesehatan.

manfaat khasiat kayu manis dicampur dengan madu
Credit :  ExplorerBob @pixabay/ CC0 1.0

Kandungan gizi kayu manis dan madu

Kayu manis dan madu mengandung nutrisi yang bagus untuk menjaga tubuh anda tetap sehat. Keduanya mengandung protein, serat, gula, sejumlah vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat pada kayu manis dan madu adalah vitamin C, vitamin B6 , folat, niacin , dan riboflavin. Kayu manis juga mengandung vitamin A, E, D, dan K. Sementara, mineral yang terkandung diantaranya adalah kalsium , zat besi , natrium , kalium, magnesium, fosfor dan seng.

Manfaat kayu manis dan madu

Berikut adalah manfaat kayu manis ditambah madu untuk kesehatan, wajah dan kulit anda

Menurunkan risiko penyakit jantung

Ramuan kayu manis campur madu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri dan pembuluh darah yang disebut juga aterosklerosis. Hal ini meningkatkan kemungkinan terbentuknya gumpalan yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Meningkatkan Kekebalan

Manfaat minum air rebusan kayu manis ditambah madu baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan kelelahan kronis. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati pilek dan influenza. Baik pada madu dan kayu manis mengandung antioksidan yang dapat bergabung untuk memerangi radikal bebas dalam sistem organ tubuh.

Mengontrol Diabetes

Kayu manis mengandung flavonoid antioksidan yang sangat mirip dengan insulin, yang berarti dapat mendorong glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke sel-sel di mana diperlukan untuk energi. Madu merupakan sumber gula alami yang kaya nutrisi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Namun penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai penggunaan madu untuk mengetahui dosis yang tepat.

Baca Juga :  Kunyit Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Mencegah Kanker

Madu mengandung sejumlah besar phytochemical yang sering dikaitkan dengan pencegahan kanker, sementara kayu manis memiliki sifat anti-tumor tertentu yang dapat mengurangi kemungkinan penyebaran kanker melalui pertumbuhan tumor. Asam tertentu dalam madu juga secara langsung mematikan aktivitas dua enzim, lipoksigenase, dan phosphatioplinositol-spesifik fosfolipase C, yang keduanya dikaitkan dengan produksi material-material penyebab kanker dalam tubuh.

Mengurangi sakit akibat radang sendi

Asam urat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan kekakuan di area sendi. Untuk membantu mengurangi rasa sakit tersebut, dapat mengkonsumsi campuran kayu manis dan madu secara teratur. Itu karena madu memiliki sifat anti-peradangan yang membantu mengurangi rasa sakit. Madu juga dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membantu menjaga anda terlindungi dari masalah sendi. Kayu manis dan madu juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan persendian.

Mengobati infeksi saluran kemih

Satu sendok teh bubuk kayu manis dicampur dengan madu setengah sendok teh dalam air hangat membantu menghancurkan bakteri yang ditemukan di saluran kemih. Dengan demikian, menjaga anda terlindungi dari infeksi saluran kemih.

Meredakan gangguan perut

Khasiat minum bubuk kayu manis campur madu dengan air secara teratur juga membantu mengeluarkan gas dari lambung dan usus dan mengobati sakit perut, perut kembung berlebih dan gangguan pencernaan.

Perawatan dan kesehatan kulit

Manfaat madu dan kayu manis juga bagus untuk kulit anda. Infeksi kulit dan jerawat kecil dapat diobati dengan aplikasi sederhana dari pasta yang terbentuk dari dua bahan ini. Karakteristiknya sebagai anti-inflamasi, antiseptik, dan antioksidan dapat mengurangi munculnya bintik-bintik dan kerutan terkait usia dengan mengurangi dampak radikal bebas di kulit.

Meredakan sakit tenggorokan

Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-virus untuk membantu menyembuhkan masalah tenggorokan dan infeksi tenggorokan. Rebus segelas air dengan 1 inchi batang kayu manis atau 1 sendoh teh bubuk kayu manis. Setelah mendidih dinginkan. Tambahkan 1 sendok teh madu. Minum dua kali sehari.

Baca Juga :  Kunyit Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Tips memilih kayu manis

Ada dua jenis kayu manis yang dapat ditemukan di pasaran, kayu manis cassia dan ceylon. Kayu manis Ceylon lebih disarankan karena kualitas yang lebih baik dan kandungan kumarin yang lebih rendah. Kumarin yang masuk dalam tubuh dalam jumlah besar dapat menjadi racun dan merusak liver.

Resep cara membuat ramuan kayu manis dan madu

Minuman madu dan kayu manis relatif mudah dibuat karena tidak melibatkan proses atau metode persiapan yang rumit.

Bahan :

  • 1 sdm Madu
  • 1 sdt bubuk atau 1 inchi batang kayu manis ceylon
  • 1 gelas air

Pembuatan :

Tambahkan kayu manis ke dalam air. Panaskan hingga mendidih. Diamkan hingga air dingin dengan sendirinya. Tambahkan madu ke dalam campuran tersebut. Minum ramuan dua kali sehari (satu kali di pagi hari dengan perut kosong dan satu lagi sebelum tidur)

Sumber : Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3, Sumber 4, Sumber 5, Sumber 6

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *