15 Merk Vitamin untuk Ibu Hamil Trimester 1

Suplemen vitamin untuk ibu hamil hadir untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil. Berikut 15 merk vitamin untuk ibu hamil yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik terdekat.

Ketika anda mengetahui telah menjadi ibu hamil saat itu juga anda harus memikirkan tentang kesehatan janin. Anda membutuhkan asupan nutrisi lebih besar agar janin yang anda kandung tetap sehat selama kehamilan. Namun tentu saja tidak semua ibu hamil dapat mencukupi asupan nutrisi dari apa yang mereka konsumsi sehari-hari.

suplemen vitamin untuk ibu hamil muda trimester 1
Credit : stevepb @pixabay

Suplemen vitamin ibu hamil merupakan solusi bagi ibu hamil yang ingin mencukupi asupan nutrisinya. Mengkonsumsi suplemen vitamin ibu hamil dapat membantu kesehatan tubuh serta janin anda terutama jika anda sulit memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar berbagai merk vitamin ibu hamil yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik.

Bagaimana memilih merk suplemen vitamin ibu hamil yang bagus?

Suplemen vitamin ibu hamil mengandung banyak vitamin dan mineral. Ibu hamil harus mengetahui komposisi nutrisi yang terkandung dalam suplemen. Beberapa komponen berikut bisa menjadi pertimbangan dalam dalam memilih merk suplemen vitamin ibu hamil.

Asam folat : salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil guna mencegah cacat lahir

Zat besi : selama kehamilan ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi. Selama hamil, tubuh akan memiliki lebih banyak darah. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam darah.

Kalsium : kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang janin. Saat janin tumbuh akan mengambil cadangan kalsium anda. Jika anda tidak memiliki kalsium ekstra, hal ini dapat memicu pengroposan tulang.

Yodium : janin membutuhkan yodium untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Vitamin B1 (tiamin) : Membantu anda tetap bertenaga dan bertanggung jawab untuk perkembangan mata, otak dan pernapasan janin.

Vitamin B2 (riboflavin) : bertanggung jawab untuk kesehatan kulit dan perkembangan mata pada bayi Anda.

Baca Juga :  10 Makanan Kaya Vitamin A

Vitamin B3 (niacin) : membantu mengatasi rasa mual dan menjaga pencernaan tetap sehat.

Vitamin B12 : meningkatkan perkembangan neurologis yang sehat dan menurunkan risiko defek tuba neural (NTD), retardasi pertumbuhan intrauterin, dan keguguran dini.

Vitamin C : selama kehamilan mungkin anda akan merasa lebih stres. Vitamin C penting untuk memperkuat sistem kekebalan anda, melindungi terhadap stres, dan membantu anda lebih baik menyerap zat besi.

Vitamin D : jika selama anda hamil, anda kurang mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari, minum suplemen Vitamin D sangat penting. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu memperkuat gigi dan tulang anda dan janin, serta membantu tubuh anda untuk memanfaatkan Kalsium dan Fosfor.

Vitamin E : dapat juga mengurangi risiko keguguran.

Zinc / Seng : membantu mendukung fungsi saraf dan otot sambil mempertahankan keseimbangan cairan yang sehat dalam tubuh Anda.

Daftar Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Berikut adalah berbagai merk vitamin ibu hamil yang bisa dikonsumsi sejak trimester 1.

Blackmores Pregnancy Gold

Blackmores pregnancy gold merupakan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Blackmores mengandung 330 mg omega-3 yang penting untuk perkembangan otak janin. Omega-3 bersumber dari Odourless fish oil yang kaya DHA dan tidak membuat mual.

Komposisi Blackmores pregnancy gold :

komposisi blackmores pregnancy gold suplemen untuk ibu hamil dan menyusui

Folamil Genio

Folamil Genio merupakan salah satu merk vitamin untuk ibu hamil trimester 1 yang cukup populer. Suplemen multivitamin ini baik dikonsumsi ibu hamil sejak trimester pertama. Suplemen ini berbentuk kapsul lunak. Setiap kapsulnya mengandung 1mg asam folat yang berguna untuk mencegah kecacatan pada bayi dan menyempurnakan pembentukan tabung saraf tulang belakang. Folamil Genio juga mengandung DHA dari alga dan ARA yang penting untuk perkembangan syaraf dan otak janin.

Komposisi Folamil Genio :

komposisi folamil genio

Feritrin

Feritrin merupakan merk vitamin untuk ibu hamil terutama untuk mencegah kekurangan zat besi sejak trimester 1. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat bahkan dapat menyebakan lahir prematur. Ibu dengan kehamilan kembar lebih berisiko menderita kekurangan zat besi.

Baca Juga :  15 Makanan Yang Banyak Mengandung Kalsium

Komposisi Feritrin :

komposisi Feritrin

Elevit pronatal

Elevit pronatal merupakan suplemen untuk mencegah ibu hamil kekurangan mineral dan vitamin. Suplemen ini juga baik digunakan untuk mencegah terjadinya anemia, yang diakibatkan kekurangan Asam folat dan zat besi.

Komposisi Elevit Pronatal :

Komposisi elevit pronatal

Vibrion

Salah satu merk vitamin lengkap untuk ibu hamil dengan kandungan ekstrak jahe adalah Vibrion. Ekstrak jahe akan membantu ibu hamil untuk mengatasi mual yang biasa terjadi saat trimester 1. Vibrion juga mengandung cukup DHA, EPA, dan AA yang penting untuk kecerdasan bayi kelak. DHA dan AA berperan dalam pembentukan dinding sel neuron dan membantu perkembangan otak. Sementara AA dan EPA memiliki peran penting dalam memperlancar sirkulasi darah dan mencegah penyakit degeneratif.

Komposisi Vibrion :

komposisi vibrion

Prenatin DF

Prenatin DF merupakan salah satu merk vitamin asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Prenatin DF mengandung 1 mg asam folat. Kekurangan asam folat saat hamil dapat berdampak serius terhadap janin, karena dapat mengakibatkan cacat saraf pada janin.

Komposisi Prenatin DF:

komposisi Prenatin DF

Vitamam 1

Multivitamin Vitamam hadir dalam tiga tingkat usia kehamilan. Merk Multivitamin ibu hamil untuk usia trimester 1 adalah Vitamam 1. Selain mengandung cukup vitamin dan mineral penting, vitamam 1 mengandug FOS (Fructo-oligosaccharide). FOS merupakan salah satu jenis prebiotik, makanan bagi bakteri probiotik. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan prebiotik yang cukup.

Komposisi Vitamam 1:

komposisi vitamam 1

Obipluz

Obipluz merupakan salah satu merk vitamin yang bagus untuk ibu hamil muda karena mengandung mineral mangan dan tembaga. Mangan bermanfaat membentuk tulang dan tulang rawan. Tembaga membantu membentuk jantung bayi Anda, pembuluh darah, dan sistem skeletal dan saraf. Selain itu, merk multivitamin ibu hamil ini juga mengandung minyak ikan 500mg sebagai tambahan nutrisi.

Baca Juga :  10 Makanan Yang Mengandung Tinggi Polifenol

Komposisi Obipluz :

komposisi Obipluz

Obimin AF

Suplemen vitamin dengan kandungan zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia saat kehamilan. Obimin AF mengandung zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil.

Komposisi Obimin AF :

komposisi Obimin AF

Ferofort

Ferofort merupakan salah satu merk vitamin untuk ibu hamil yang bagus juga untuk mencegah anemia. Ferofort mengandung Ferronyl yang setara zat besi 83.006 mg besi elemental. Ferronyl merupakan karbonil besi dengan rasa logam yang lebih minimal, dan penyerapan lebih baik daripada bentuk lainnya.

Komposisi Ferofort

komposisi ferofort

Ironyl

Komposisi Ironyl :

komposisi Ironyl

Calmin AF

Komposisi Calmin :

komposisi Calmin AF

Prohelic

Prohelic merupakan vitamin dan suplemen yang bagus untuk ibu hamil dengan tambahan minyak ikan. Setiap tablet Prohelic mengandung minyak ikan 200 mg dengan EPA 10% dan DHA 50%.

Komposisi Prohelic :

komposisi Prohelic

Nutrimama 1

Komposisi Nutrimama 1:

komposisi Nutrimama 1

Procalma

Komposisi Procalma :

komposisi Procalma

Harap diperhatikan

Sehatmedic.com tidak menjamin keakuratan data komposisi tiap-tiap suplemen di atas. Jika ada kesalahan atau pembaharuan mengenai data komposisi suplemen silahkan infokan kepada kami melalui kolom komentar.

Berkonsultasilah dengan dokter kandungan mengenai suplemen atau multivitamin untuk ibu hamil yang ingin anda gunakan. Selalu perhatikan komposisi suplemen pada kemasan sebelum menggunakannya guna menghindari kontraindikasi.

Kapan anda seharusnya minum suplemen vitamin ibu hamil?

Bagusnya, ketika anda sedang merencanakan kehamilan atau program hamil sudah minum suplemen vitamin. Namun jika anda melewatkannya, anda bisa minum suplemen vitamin ibu hamil sesegera mungkin setelah mengetahui kehamilan atau sejak trimester 1.

Pada trimester pertama dibutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan dasar janin yang sehat. Pada masa ini organ-organ penting janin mulai terbentuk.

Demikian artikel kami tentang merk-merk vitamin ibu hamil untuk trimester 1, semoga bermanfaat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *