Bolehkah Penderita Diabetes Minum Kopi?

Bagi penderita diabetes menjalani diet ketat dan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan. Selain untuk mengontrol gula darah, keduanya dibutuhkan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Kopi sering dikatakan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Namun disisi lain, kopi juga memberikan manfaat. Lantas, bolehkah penderita diabetes minum kopi? Apa saja efek kopi bagi penderita diabetes?

bolehkah penderita diabetes minum kopi pahit tanpa gula
credit : Engin_Akyurt @pixabay.com / CC 1.0 Universal

Sebagian besar orang sudah terbiasa memulai hari mereka dengan secangkir kopi di pagi hari. Kopi hitam hanya mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat. Dengan jumlah karbohidrat yang sedikit, sepintas minum kopi pahit tidak banyak memberi pengaruh pada penderita diabetes. Namun yang harus diperhatikan kali ini adalah kafein dalam kopi.

Minum kopi dan diabetes

Kopi mengandung senyawa polifenol yang bersifat antioksidan dan dipercaya dapat membantu mencegah beberapa penyakit salah satunya diabetes tipe 2. Kopi juga mengandung mineral magnesium dan kromium. Asupan magnesium lebih besar dikaitkan menurunnya risiko menderita diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Harvard School of Pubic Health telah menunjukkan manfaat positif kopi untuk mencegah diabetes. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi dengan minum lebih dari 1 cangkir per hari selama 4 tahun memiliki 11% lebih rendah risiko menderita diabetes tipe 2. Sementara, orang yang mengurangi konsumsi kopi mereka meningkatkan peluang 17% risiko menderita diabetes tipe 2.

Studi mengenai hubungan minum kopi dan diabetes diatas tentu saja memberikan angin segar bagi penderita diabetes. Namun masih ada studi lain yang justru menunjukkan efek buruk kopi bagi penderita diabetes.

Apakah minum kopi bisa menyebabkan diabetes

Jika studi diatas menunjukkan manfaat positif kopi untuk mencegah diabetes, studi lain justru menunjukkan hal sebaliknya. Kopi dan kafein dikaikan dengan peningkatan kadar gula darah dan resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan peringatan sebelum anda menderita diabetes tipe 2 atau bisa disebut pradiabetes. Pradiabetes berisiko tinggi menyebabkan diabetes tipe 2 dalam kurun waktu 10 tahun.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Salah satu studi kecil yang diterbitkan Cambridge University menunjukkan bahwa hanya dengan secangkir kopi dengan 100mg kafein per hari bisa memberi efek buruk pada kontrol gula darah pada pria sehat obesitas.

Studi lain oleh Department of Nutrition and Dietetics Harokopio University, Yunani meneliti efek kopi dengan jumlah berbeda pada pria dan wanita dengan indeks massa tubuh yang bervariasi. Penelitian melibatkan 16 wanita dan 17 pria dimana peserta tersebut sebagian menderita obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa kopi memiliki efek jangka pendek pada gula darah dan konsentrasi insulin. Jenis kelamin serta obesitas turut mempengaruhi hasil tersebut.

Pengaruh minum kopi terhadap penderita diabetes

Kopi dapat memberikan efek yang buruk pada penderita diabetes. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan bahwa asupan kafein sebelum makan menghasilkan glukosa darah pasca makan yang lebih tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini juga menunjukkan peningkatan resistensi insulin.

Bolehkah minum kopi bagi penderita diabetes?

Bagi penderita diabetes disarankan untuk menghindari minum kopi bahkan meski tanpa gula sekalipun. Asupan kafein tinggi terbukti mempengaruhi metabolisme karbohidrat pada penderita diabetes tipe 2. Kopi jenis ekspresso atau tanpa disaring juga dikaitkan dengan peningkatkan kadar kolesterol, sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung. Lantas, apakah penderita diabetes benar-benar tidak boleh minum kopi?

Saat ini banyak sekali tersedia produk kopi yang ramah untuk penderita diabetes yang rendah kafein dan kalori. Beberapa produk bahkan sudah disertakan pemanis yang lebih aman untuk penderita diabetes. Dan yang terpenting, selalu jaga berat badan anda tetap ideal dan rajin berolahraga. Sebuah studi kecil tahun 2014 menunjukkan bahwa kelompok peserta yang mengonsumsi kafein dan berolahraga selama 40 menit memiliki penurunan kadar gula darah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok lain.

Baca Juga :  Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi?

Konsultasikan dengan dokter anda sebelum mencoba minum kopi. Efek kopi akan berbeda setiap individu dan dokter akan lebih tahu mengenai kondisi anda.

Demikian artikel kami tentang apakah boleh penderita diabetes minum kopi, semoga bermanfaat.

Sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *