Manfaat Kulit Buah Lemon untuk Asam Urat

Buah lemon sering kita gunakan untuk bahan minuman atau dikonsumsi secara langsung. Kulit lemon sering kita abaikan dan kita buang. Padahal kulit lemon memiliki manfaat yang baik untuk mengobati nyeri sendi asam urat.

manfaat kulit buah jeruk lemon untuk asam urat
Credit : stevepb @pixabay / CC0 1.0

Penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana terjadi penumpukan asam urat di persendian dan jaringan tubuh. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri luar biasa pada persendian. Kulit lemon dipercaya memiliki manfaat yang bagus untuk asam urat dan menyembuhkan nyeri sendi.

Kulit lemon bagian yang sering kita abaikan ini dapat membantu meringankan nyeri sendi dan peradangan. Penggunaan kulit lemon bisa diterapkan secara langsung atau dengan membuatnya menjadi minuman infused water.

Manfaat kulit buah lemon untuk mengobati asam urat

Buah lemon merupakan buah yang cukup populer dan kaya manfaat. Minum air lemon juga memberi manfaat bagus untuk tubuh. Namun hal ini tidak membuat kulit lemon mendapatkan perhatian. Sering kali kulit lemon langsung berakhir pada tong sampah tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu. Padahal khasiat kulit lemon sangat bagus untuk mengobati asam urat dan nyeri sendi karena memiliki zat anti-peradangan.

Kulit jeruk lemon mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang jus lemon dan juga tinggi kandungan komponen antioksidan, mineral dan minyak esensial.

Vitamin C menurunkan kadar asam urat dan dapat membantu mencegah serangan asam urat. Namun buah-buahan juga mengandung fruktosa yang kurang baik untuk penderita asam urat. Kabar baiknya lemon merupakan opsi buah dengan fruktosa yang rendah. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, tetapi lebih rendah dalam fruktosa.

Kandungan vitamin C tersebut juga membuktikan kulit jeruk lemon mampu memperkuat sistem kekebalan dan berkontribusi pada pengobatan penyakit seperti flu, pilek dan infeksi bakteri.

Baca Juga :  Manfaat Mentimun untuk Penderita Asam Urat

Selain itu kulit lemon juga merupakan anggota kelompok makanan alkali atau basa. Makanan basa dapat membantu menghilangkan asam urat dari tubuh. Dari sebuah penelitian menunjukkan diet makanan basa salah satu penurun asam urat dalam tubuh.

Cara mengobati asam urat dan nyeri sendi dengan kulit jeruk lemon

Kulit lemon dapat diolah sebagai obat herbal luar untuk menyembuhkan nyeri sendi dan herbal dalam untuk menurunkan asam urat. Berikut adalah cara mengatasi asam urat dengan kulit lemon.

Minyak zaitun dan kulit lemon

manfaat kulit buah lemon untuk mengatasi nyeri sendi
credit : silviarita @pixabay.com / CC0 1.0

Bahan

  • 1 cangkir minyak zaitun extra virgin (200g)
  • 2 lemon ukuran besar
  • satu toples atau botol kaca dengan tutup
  • 2 perban kasa bersih

Instruksi

  • Kupas lemon dan potong-potong kulitnya. Masukkan kulit lemon tersebut ke dalam toples.
  • Masukkan semua minyak zaitun hingga kulit lemon terendam semua.
  • Tutup toples dengan erat dan simpan di tempat yang sejuk selama dua minggu.

Cara menggunakannya

Aplikasikan pada malam hari sebelum tidur. Ambil perban secukupnya. Celupkan perban dalam campuran dan tempelkan ke area yang nyeri. Balut perban tersebut agar terus menempel. Biarkan menempel dan meresap hingga pagi hari. Ulangi perawatan ini setidaknya tiga kali seminggu.

Teh kulit lemon campur madu

teh buah lemon campur madu
credit : photo-graphe @pixabay.com / CC0 1.0

Bahan

  • 1 liter air
  • 2 buah lemon yang tidak dikupas
  • Sedikit madu

Intruksi

Ekstrak jus dari 2 lemon tersebut. Potong lemon tipis-tipis tanpa membuang kulitnya. Tuangkan air dalam panci dengan potongan lemon dan atur dengan api sedang. Biarkan mendidih selama 10 menit, lalu angkat dari api dan tambahkan ekstrak jus lemon tadi. Untuk menambah rasa manis, beri sedikit madu. Ramuan ini bisa diminum dua kali sehari saat perut kosong.

Jika setelah beberapa minggu setelah pengobatan asam urat dengan kulit lemon, rasa sakitnya terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga :  Manfaat Jahe dan Lemon Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

sumber 1 , sumber 2

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *