Manfaat Jahe dan Lemon Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Mencampur Jahe dan jeruk lemon dipercaya dapat membakar lemak dan membuang kalori sehingga membantu diet menurunkan berat badan. Artikel kali ini akan membahas bagaimana jahe dan jeruk lemon bisa menurunkan berat badan anda.

manfaat jahe dan lemon untuk menurunkan berat badan
Credit : majacvetojevic @pixabay / CC 1.0 Universal

Jahe merupakan akar yang sering digunakan sebagai bumbu dapur dan herbal ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Jahe memiliki efek termogenik yang membantu mempercepat metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran kalori dan lemak.

Sementara itu, lemon merupakan buah segar yang mengemas banyak nutrisi yang membantu dalam diet menurunkan badan, salah satunya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif yang mendorong pembuangan limbah dari tubuh, melawan retensi cairan, membantu detoksifikasi tubuh dan membantu mengecilkan perut buncit.

Apakah jahe dan lemon bisa menurunkan berat badan

Baik jahe dan lemon memiliki potensi dalam menurunkan kelebihan berat badan. Studi dan percobaan telah dilakukan menguji efek jahe untuk menurunkan berat badan.

The Journal of Science and Food Agriculture melakukan percobaan pada tikus yang kelebihan berat badan diberi ekstrak jahe selama 30 hari. Hasilnya terjadi penurunan berat badan tikus selama jangka waktu tersebut. Selain itu, efek jahe juga turut menjaga kadar gula darah dan leptin. Leptin merupakan senyawa yang menyebabkan merasa kenyang dan puas setelah makan.

Jahe memiliki efek termogenik, yang berarti meningkatkan suhu tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran kalori.

The International Journal of Obesity bahkan menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki efek termogenik akan membantu dengan penurunan berat badan, peningkatan energi dan pembakaran lemak.

Bagaimana dengan studi tentang lemon ? Dalam lemon terkandung senyawa polifenol cukup tinggi. Menurut sebuah penelitian terhadap hewan oleh Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition pada November 2008, polifenol membantu membatasi penambahan berat badan dan pengembangan kolesterol tinggi.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Lemon Untuk Tubuh

Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada lemon juga membantu membuang limbah keluar serta menjaga tubuh anda tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara menurunkan berat badan dengan jahe dan jeruk lemon

cara menurunkan berat badan dengan air lemon dan jahe
Credit : silviarita @pixabay / CC 1.0 Universal

Cara paling mudah untuk mengurangi berat badan menggunakan jahe dan lemon adalah dengan membuat keduanya menjadi minuman atau wedang jahe lemon. Berikut cara membuat wedang jahe dan lemon yang akan melengkapi diet menurunkan berat badan anda,

  1. Panaskan satu gelas air hingga mendidih.
  2. Setelah air siap, tambahkan irisan kecil jahe dan biarkan selama 5 menit, tutup.
  3. Setelah 5 menit berlalu, tambahkan air lemon 1 buah dan minum.
  4. Sebaiknya minum minuman ini sebelum sarapan.

Harap diperhatikan

Ramuan jahe dan lemon hanya bersifat membantu dalam menurunkan berat badan. Agar diet yang anda jalankan lebih efektif dalam menurunkan berat badan, hendaknya juga menghindari makanan siap saji, softdrink, dan makanan berlemak tinggi. Kurangi juga asupan sodium dan makanan mengandung banyak gula. Jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan.

Demikian artikel kami mengenai manfaat jahe dan lemon untuk menurunkan berat badan, semoga bermanfaat.

Sumber 1, sumber 2, sumber 3

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *