10 Makanan yang Mengandung Tinggi Likopen

Diposting pada

Likopen adalah pigmen yang memberikan warna merah alami yang terdapat pada buah dan sayuran tertentu. Saat ini likopen merupakan antioksidan paling kuat dan tentu saja memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Likopen saat ini dianggap berperan dalam mencegah kanker, penyakit jantung, dan degenerasi makula.

tomat, makanan yang mengandung tinggi likopen

Sebagai fitonutrien, likopen diklasifikasikan sebagai karoten dan karotenoid. Tidak seperti karoten lain, senyawa ini bukan prekursor vitamin A, sehingga tidak dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Saat ini, tidak ada nilai asupan harian untuk likopen. Namun, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health merekomendasikan asupan harian untuk likopen sejumlah 10000mcg.

Makanan sumber likopen

Angka di atas mungkin terlihat besar, tetapi sebenarnya tidak. Banyak sekali makanan yang kaya akan likopen yang bisa kita dapatkan di sekitar kita. Berikut adalah 10 makanan yang mengandung tinggi Likopen :

Jambu biji merah

Jambu biji merah merupakan sumber likopen yang baik. Tiap 100g mengandung 5204mcg likopen. Selain itu, jambu biji mengandung vitamin C hingga empat kali lebih banyak dibanding jeruk. Jambu biji juga kaya akan vitamin A dan bagus untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi jambu biji secara teratur dapat memperlambat munculnya katarak. Kandungan omega-3 dan serat makanan akan mencegah anda mengalami masalah sembelit.

Tomat

Tomat adalah salah satu sumber likopen tertinggi dalam rata-rata menu makanan anda. Likopen tomat banyak kita dapatkan dari saus pasta, saus tomat, atau ditambahkan secara langsung pada masakan. Tiap 100g tomat mengandung 3041mcg. Mengkonsumsi tomat dapat menurunkan kemungkinan anda menderita kanker kolorektal, prostat dan perut. Selain itu, tomat juga sarat vitamin K dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari makan tomat adalah menjaga rambut, jantung, mata dan ginjal tetap sehat.

Semangka

Semangka daging merah mengandung lebih banyak likopen per beratnya dibanding tomat. Kandungan likopen per 100g mencapai 4532mcg. Selain itu, satu gigitan semangka memberikan anda vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan potasium yang membantu menghilangkan racun dari ginjal anda. Buah semangka juga bagus untuk penderita tekanan darah tinggi karena kombinasi magnesium dan potasium.

Semangka berdaging merah mengandung lebih banyak likopen per beratnya daripada tomat segar dan juga merupakan sumber vitamin C. Semangka dapat dimakan segar atau dalam salad, diasamkan atau dipanggang.

Pepaya

Buah pepaya kaya akan serat, vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penumpukan kolesterol di arteri. Kandungan vitamin A yang tinggi menjaga penglihatan anda tetap sehat. Dengan kandungan 1828mcg per 100gram, buah pepaya pilihan tepat dan lezat untuk anda yang menginginkan kulit tampat segar.

Paprika Merah

Paprika merah  sangat kaya karotenoid yang menawarkan manfaat kesehatan diantaranya menurunkan risiko anda menderita penyakit seperti kanker, penyakit kardiovaskular, degenerasi makula terkait usia, katarak, penyakit yang berkaitan dengan fungsi kekebalan tubuh yang rendah, dan penyakit degeneratif lainnya. Karotenoid yang terkandung dalam paprika merah diantaranya lutein, alfa-karoten, likopen, beta-karoten, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Untuk likopen, jumlah kandungan per 100g paprika merah sekitar 484mcg.

Grapefruit

Grapefruit biasanya mengandung jumlah likopen hampir setengah dari tomat segar, yaitu sekitar 1419mcg per 100gram. Meskipun memiliki rasa agak pahit, namun grapefruit memberikan banyak manfaat sehat salah satunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Grapefruit juga dikenal kaya serat dan kaya vitamin C sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh anda.

Asparagus

Asparagus merupakan sumber asam folat, serat, vitamin A, C, E dan K yang baik. Kandungan kromium dalam asparagus membantu penyerapan glukosa dalam darah ke dalam sel. Kombinasi asam folat dan vitamin B12 berfungsi mencegah gangguan kognitif. Asparagus kaya akan likopen sehingga bagus untuk penderita diabetes dalam mengontrol gula darah. Tiap 100 gram mengandung 30mcg.

Kubis Merah

Kubis Merah kaya akan senyawa alami bernama flavonoid sehingga membuatnya berwarna merah. Rasa sedikit pedas pada kubis merah karena kandungan senyawa berbasis belerang. Kedua senyawa tersebut bagus untuk membantu mencegah kanker. Sementara itu, jumlah kandungan likopen pada kubis merah sekitar 20mcg per 100gram.

Memasukkan kubis merah dalam menu harian anda, akan membantu mencegah diabetes, dan mencegah degenerasi makula. Disamping itu kandungan vitamin C pada kubis merah membantu melawan peradangan dan mencegah kerusakan sel.

Mangga

Buah mangga merupakan camilan yang lezat untuk menambah asupan likopen anda. Dalam 100g mengandung 3mcg likopen. Selain itu, buah mangga sarat akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh anda tetap sehat. Mengandung tinggi pektin, vitamin C, dan serat, mangga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah mangga juga mengandung potasium yang mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Wortel

Wortel mengandung likopen sekitar 0,6mcg/100gram yang akan membantu mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan nutrisinya yang sarat dengan beta-karoten, dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin A, yang pada gilirannya menghasilkan pigmen ungu yang disebut rhodopsin yang diperlukan untuk penglihatan malam hari.

Likopen sering digunakan sebagai bahan pembuatan pewarna makanan alami. Namun, anda perlu hati-hati dalam mengkonsumsinya. Mengkonsumsi likopen dalam jumlah terlalu besar bisa menyebabkan kulit dan hati berwarna kuning. Jadi, bijaklah dalam mengkonsumsi makanan mengandung likopen tinggi.

sumber: Harvard , myfooddata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.