Manfaat Biji Klabet Untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

Klabet atau Fenugreek adalah tanaman yang banyak tumbuh di beberapa bagian Asia Selatan, Afrika Utara dan sebagian Mediterania. Daunnya dapat dimakan dan biasa dijual sebagai sayuran. Bijinya biasa digunakan sebagai bumbu.

daun klabet untuk diabetes

Selain digunakan bahan masakan, biji klabet atau biasa dikenal sebagai hulbah memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan digunakan sebagai obat alami, salah satunya untuk penderita diabetes.

Penderita diabetes harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat. Hal itu sangat berpengaruh pada kestabilan kadar gula darah. Memasukkan makanan tertentu dalam diet anda akan membantu gula darah terkendali. Klabet memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk penderita diabetes.

Klabet dan diabetes

manfaat biji klabet untuk diabetes

Biji Fenugreek atau klabet mengandung serat dan bahan kimia lain yang membantu memperlambat perncernaan dan penyerapan karbohidrat. Selain itu, biji klabet juga membantu meningkatkan insulin dan meningkatkan toleransi glukosa. Hal ini menunjukkan bahwa biji klabet mungkin efektif sebagai obat alami diabetes.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui potensi manfaat klabet untuk penderita diabetes.

Sebuah studi kecil tahun 2009 menemukan fakta bahwa makan makanan panggang seperti roti yang dibuat dari tepung klabet dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, studi lain di tahun sama juga menemukan fakta lainnya tentang biji klabet. Bahwa mengkonsumsi dosis harian 10 gram biji fenugreek yang direndam dalam air panas dapat membantu mengontrol diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian lain di India, para peneliti menyimpulkan bahwa menambahkan 100 gram bubuk biji klabet tanpa lemak ke dalam diet sehari-hari penderita diabetes bergantung insulin ( tipe 1) secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah puasa, meningkatkan toleransi glukosa dan juga menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida.

Manfaat kesehatan lain klabet untuk penderita diabetes

Biji klabet adalah salah satu makanan kaya mineral, vitamin dan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Biji klabet juga dipercaya efektif dalam pengobatan radang sendi, kolesterol, bronkitis, abses, masalah kulit (luka, ruam dan bisul), rambut rontok, sembelit, sakit perut, penyakit ginjal, mulas, dan impotensi pria.

Apakah aman penderita diabetes makan klabet?

Klabet dapat bereaksi dengan beberapa obat, terutama obat untuk gangguan pembekuan darah dan diabetes. Jika anda menderita diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum anda konsumsi suplemen dari biji klabet. Hal ini untuk menghindari gula darah yang terlalu rendah.

Wanita dengan kondisi tertentu juga dilarang mengkonsumsi klabet. Wanita pengidap kanker yang sensitif terhadap hormon sebaiknya juga menghindari konsumsi klabet karena mengandung komponen yang mirip dengan estrogen. Selain itu, klabet juga berdampak buruk pada wanita hamil, karena dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Efek samping lain yang harus diketahui, ketika mengkonsumsi dalam dosis besar, biji klabet bisa menyebabkan gas berlebih di perut dan kembung.

Cara Mengkonsumsi Klabet untuk penderita diabetes

Biji klabet atau hulbah dapat dikonsumsi dalam berbagai cara oleh penderita diabetes. Beberapa jenis produk juga bisa anda dapatkan dengan mudah di marketplace. Berikut adalah beberapa pilihan untuk mengkonsumsinya.

Kecambah klabet

kecambah klabet untuk diabetes

Sama halnya dengan biji-bijian dan lentil yang bertunas, kecambah klabet memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sebelum tidur di malam hari, rendam klabet dalam air. Keluarkan air pada hari kedua di pagi hari dan ikat dengan kain katun lembab. Dalam 1-2 hari, biji fenugreek ini akan bertunas. Anda bisa mencampurkannya dalam makanan lain dan konsumsi hanya dalam jumlah kecil saja.

Air rendaman klabet

Air rendaman klabet untuk diabetes juga dapat membantu mengatur kadar gula darah anda. Rendam satu sendok teh biji klabet semalaman dalam segelas air. Keesokan harinya, saring dan minum saat pagi hari.

Teh klabet

Cara ini mungkin paling anda disukai. Ambil 1 sendok teh biji klabet, seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan madu murni dan perasan lemon untuk menambah rasa.

Bubuk klabet

Untuk mendapatkan manfaat biji klabet untuk penderita diabetes, 1 sendok teh bubuk klabet bisa anda seduh dengan segelas air panas. Minum ketika hangat.

Jika anda kurang menyukainya, anda bisa menaburkan sedikit bubuk klabet ke berbagai makanan atau masakan yang siap akan anda makan.

Suplemen herbal klabet

Cara ini paling sederhana. Anda cukup membeli produk suplemen herbal klabet berupa kapsul. Anda bisa mengkonsumsinya layaknya anda mengkonsumsi obat.

Sumber:

Fenugreek and diabetes (2019)

Effect of fenugreek seeds on blood glucose and serum lipids in type I diabetes (1990),

Pengaruh biji fenugreek pada glukosa darah dan lipid serum pada diabetes tipe 1

Effect of Fenugreek Seeds on Blood Glucose and Lipid Profiles in Type 2 Diabetic Patients (2013),

Pengaruh Biji Fenugreek pada Glukosa Darah dan Profil Lipid pada Pasien Diabetes Tipe 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.