Manfaat Mentimun untuk Penderita Asam Urat

Diposting pada

Mentimun atau timun merupakan buah yang bersifat alkali. Diet alkali dibutuhkan penderita asam urat sebagai bagian dari pengobatan. Apa saja manfaat mentimun untuk penderita asam urat akan kami bahas pada artikel berikut ini.

manfaat mentimun untuk asam urat

Terlalu banyak asam urat dalam aliran darah dapat mengakibatkan penumpukan kristal asam urat sehingga menyebabkan nyeri sendi luar biasa. Salah satu manfaat mentimun untuk asam urat adalah membantu meningkatkan kadar basa dan dan membantu mengeluarkan asam urat dari sendi anda.

Asam urat sendiri berasal dari metabolisme zat yang disebut purin, dimana banyak ditemukan dalam banyak makanan. Diet makanan tinggi purin merupakan penyebab nyeri sendi asam urat semakin parah. Salah satu bentuk perawatannya adalah diperlukan diet rendah purin dan makanan bersifat basa.

Pengaruh dan khasiat mentimun terhadap asam urat

Mentimun adalah salah satu makanan yang baik untuk penderita asam urat. Ketimun mengandung sangat rendah purin, hanya 7,3 mg purin dalam setiap 100 gram sayuran. Mentimun mengandung 95 persen air dan juga bersifat basa sehingga mencegah penumpukan asam urat pada persendian.

Jus mentimun untuk penderita asam urat

Berikut adalah resep jus mentimun untuk mengobati asam urat

Siapkan Bahan:

  • 1 buah mentimun besar
  • 5 batang seledri
  • 2 inci akar kunyit segar
  • 1 inci jahe segar
  • 1 lemon, kupas

Untuk menambah rasa manis bisa dengan menambahkan 2 buah apel

Langkah :

Masukkan bahan-bahan di atas ke dalam juicer dan minum segera.

Demikian artikel kami tentang manfaat mentimun untuk asam urat semoga bermanfaat.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *