Kolesterol – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Diposting pada

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah sejenis lipid . Ini adalah zat lilin seperti lemak yang bergerak ke seluruh tubuh dalam darah anda. Hati memproduksi kolesterol secara alami. Tetapi anda juga bisa mendapatkannya dari makanan. Kolesterol hanya ditemukan pada makanan hewani.

Apa fungsi kolesterol bagi tubuh?

Kolesterol memiliki peranan penting dalam tubuh. Kolesterol membantu membran sel membentuk lapisan. Lapisan-lapisan ini melindungi isi sel dengan bertindak sebagai penjaga gerbang untuk hal-hal apa saja yang bisa masuk atau keluar dari sel.

Hati tidak hanya memproduksi kolesterol, namun juga menggunakan untuk memproduksi asam empedu yang membantu tubuh mencerna makanan. Kolesterol juga dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D dan membuat hormon-hormon tertentu.

Apa saja jenis kolesterol?

Kolesterol tidak dapat larut dalam air. Hati akan memproduksi lipoprotein untuk membantu mengangkut kolesterol bergerak keseluruh tubuh. Lipoprotein membawa kolesterol dan jenis lipid lain bernama trigliserida, melalui aliran darah. Bentuk utama lipoptrotein adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL sering disebut “kolesterol jahat.”  Jenis ini dibawa oleh lipoprotein densitas rendah. Anda akan didiagnosis menderita penyakit kolesterol tinggi jika dalam darah mengandung LDL di atas angka normal.

Kolesterol HDL sering disebut sebagai “kolesterol baik”. HDL menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Hati kemudian mengeluarkannya dari tubuh. Jika darah anda mengandung HDL tinggi, maka akan menurunkan resiko untuk mengembangkan penyakit stroke dan jantung.

Trigliserida adalah salah satu lemak yang paling umum di dalam tubuh. Ini berasal dari makanan, terutama mentega, minyak, dan lemak lain yang Anda makan. Trigliserida juga bisa berasal dari kalori yang belum diperlukan tubuh. Kemudian tubuh akan menyimpan sisa kalori ini menjadi trigliserida dan menyimpan dalam sel-sel lemak. Tubuh akan melepaskan trigliserida saat membutuhkan energi.

Dampak Buruk Kolesterol tinggi

Kolesterol jahat yang dibiarkan terlalu tinggi dapat menimbulkan plak kolesterol. Plak ini dapat mempersempit arteri, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Jika gumpalan darah menyumbat arteri di jantung atau otak anda, hal itu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Gumpalan juga bisa menyumbat pembuluh darah lainnya, seperti tungkai, lengan serta perut, yang disebut dengan penyakit arteri perifer. Kolesterol yang terus menumpuk dalam tubuh juga bisa memicu terbentuknya kristal empedu yang bisa mengeras dan menjadi penyakit batu empedu.

Trigliserida tinggi sering dikaitkan dengan penebalan pada dinding pembuluh darah. Jika dikombinasi dengan kadar LDL yang juga tinggi, maka risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Penyebab

Makanan berlemak, merokok, obesitas dan jarang berolahraga meningkatkan resiko menderita kolesterol tinggi. Riwayat orang tua juga ikut berpengaruh terhadap peluang anda menderita kolesterol tinggi. Dengan mengubah pola makan sehat, cukup berolahraga dan menjaga berat badan dapat membantu anda menurunkan kolesterol.

Gejala Kolesterol Tinggi

Sebagian besar penderita kolesterol tinggi tidak merasakan gejala apapun. Bahkan banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka menderita kolesterol tinggi hingga terjadi komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Tes rutin dapat membantu mendeteksi kondisi ini lebih awal sehingga mengurangi risiko untuk mengembangkan penyakit yang lebih serius. Jika anda berusia 20 tahun atau lebih seharusnya anda melakukan cek rutin setidaknya 5 tahun sekali.

Diagnosa

Kolesterol tinggi dapat didiagnosa dengan tes darah profil lipid atau panel lipid. Ini adalah tes kolesterol yang memiliki tahapan lengkap dengan tujuan mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah seseorang. Anda bisa melakukannya dengan berkunjung ke layanan kesehatan yang dilengkapi fasilitas laboratorium.

Berikut ini adalah kadar normal kolesterol dalam tubuh dalam satuan mg/dl,

  • Kolesterol total, Baik : < 200 , ambang batas : 200-339, Tinggi : > 240
  • Kolesterol LDL, Baik : < 130, ambang batas : 130-159, Tinggi : > 160
  • Kolesterol HDL, Baik : > 50 (Wanita), > 40 (Pria)
  • Trigliserida, Baik : <150, Ambang Batas : 150-199, Tinggi : > 200

Sebelum tes sebaiknya anda berpuasa 9 sampai 12 jam. Hindari makan-makanan tinggi lemak malam hari sebelum tes.

Pengobatan

Dokter biasanya akan menyarankan untuk mengubah gaya hidup dan pola makan anda. Dokter mungkin akan merekomendasikan makanan apa saja yang harus dihindari dan kebiasaan apa yang harus ditinggalkan atau dikurangi.

Menurunkan kolesterol dengan perubahan diet dan gaya hidup

Dokter mungkin akan menyarankan sebagai berikut,

  • Makan lebih banyak yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan
  • Hindari makanan tinggi lemak seperti daging, jeroan, kuning telur
  • Pilih sumber protein tanpa lemak, seperti daging ayam, ikan, dan kacang polong
  • Pilih cara memasak dengan dipanggang, direbus atau  dikukus ketimbang digoreng
  • Kurangi makan gorengan dan manis
  • Hindari makanan instan
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol
  • Olahraga cukup

Obat Kolesterol

Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Biasanya, dokter akan meresepkan obat jenis statin, contoh yang paling umum adalah simvastatin. Mungkin dokter akan mengkombinasikan dengan obat lain jika kadar kolesterol anda sangat tinggi.

Sumber : heart.org, cdc.gov

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.