Garam Epsom dan Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Garam epsom mungkin terdengar asing ditelinga anda. Padahal garam epsom memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa itu garam epsom dan apa saja manfaat garam epsom untuk kesehatan mari kita gali lebih dalam.

apa itu garam epsom dan manfaat garam epsom untuk kesehatan
Photo Credit : onefox @pixabay.com

Apa itu garam epsom?

Garam epsom adalah mineral alami yang terdiri dari magnesium dan sulfat pertama kali ditemukan di Epsom, Inggris tahun 1680. Garam epsom sering juga dikenal sebagai garam inggris. Garam ini berbeda dengan garam yang biasa digunakan di dapur, karena tidak mengandung natrium. Hanya bentuk fisiknya saja yang terlihat mirip.
Magnesium dan sulfat memiliki kemampuan untuk diserap melalui kulit dan tubuh. Oleh karena itu, menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi menjadi cara sederhana mendapatkan manfaat garam epsom.

Garam epsom dipasaran ada yang berlabel food grade dan non-food grade. Sebaiknya anda memilih garam epsom berlabel food grade. Garam inggris non-food grade biasanya digunakan untuk pertanian sehingga dalam produksinya kemungkinan kurang higienis atau mengandung kontaminan.

Manfaat garam epsom untuk kulit, kecantikan dan kesehatan

Meningkatkan Magnesium Dalam Tubuh

Penderita hipomagnesemia dapat mencoba menggunakan garam epsom untuk meningkatkan tingkat magnesium dalam tubuh. Hipomagnesemia merupakan suatu kondisi disebabkan oleh tingkat rendah magnesium dalam tubuh. Dengan hanya berendam dalam air hangat mengandung garam epsom dapat meningkatkan magnesium secara alami.

Garam epsom untuk asam urat

Magnesium yang terkadung dalam garam epsom diserap melalui kulit dan membantu pemecahan dan pelepasan racun. Sulfat yang juga terkandung garam Epsom siap diserap melalui kulit; sulfat dibutuhkan untuk bergabung protein. Studi juga menunjukkan bahwa sulfat yang terkandung dalam garam Epsom menstimulasi pankreas untuk memproduksi enzim pencernaan untuk mendetoksifikasi racun residu yang ada di tubuh. Garam epsom akan memobilisasi dan memecah timbunan asam urat di persendian. Dengan begitu, garam epsom dapat mengatasi dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

Garam epsom untuk mengurangi stres

Garam Epsom dapat membantu anda lebih rileks ketika anda merasa stres. Stres menguras magnesium tubuh dan meningkatkan kadar adrenalin.

Magnesium memainkan peran penting dalam pembentukan serotonin, hormon kimia otak yang dapat mempengaruhi mood dan suasana hati. Ini menciptakan perasaan sejahtera dan relaksasi, disamping itu juga mengurangi kecemasan, iritabilitas, insomnia, dan irama jantung yang abnormal.

  • Tambahkan 1 cangkir garam Epsom ke dalam air hangat di bak mandi.
  • Kemudian anda bisa berendam selama 20 menit agar merasa lebih rileks dan tidur lebih baik.
  • Mandi garam Epsom sekitar 3 kali seminggu agar hidup anda terhindar dari stres.

Baca juga : 10 Makanan Untuk Mengatasi Depresi dan Stres

Garam epsom untuk mengurangi nyeri, peradangan dan kaki bengkak

Mandi air hangat dicampur dengan garam Epsom dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan akibat sebagian besar penyakit. Hal ini membuat garam epsom sering digunakan untuk pengobatan alami yang bermanfaat untuk asma bronkial, sakit otot dan sakit kepala (termasuk migrain). Garam Epsom juga dapat membantu menyembuhkan luka dan bengkak akibat keseleo dan memar.

Garam epsom untuk menyembuhkan sembelit

Garam epsom dapat membantu orang yang susah buang air besar dan umumnya digunakan sebagai obat sembelit alami. Garam epsom merupakan obat pencahar alami yang telah disetujui FDA, sejenis badan POM di Amerika Serikat. Sejumlah penelitian yang dipublikasikan dalam Therapeutic Advances in Gastroenterology mencatat bahwa ada bukti kuat bahwa garam Epsom “memiliki efek pencahar ampuh secara in vitro melalui pelepasan hormon pencernaan dan neurotransmitter.”

Minum larutan garam Epsom jenis food grade untuk menyembuhkan sembelit anda. Gunakan larutan garam epsom ini hanya untuk solusi jangka pendek saja.

Mengatur gula dalam darah

Baik magnesium dan sulfat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi dan menggunakan insulin. Garam epsom dapat membantu memenuhi kadar magnesium dan sulfat dalam tubuh anda. Sehingga ini akan membantu mengatur gula darah, mengurangi risiko diabetes dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Meredakan kram otot

Garam Epsom dapat membantu meredakan kram otot dan nyeri otot setelah berolahraga. Magnesium secara efektif meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Ini pada gilirannya meningkatkan relaksasi dan penyembuhan nyeri otot.

  • Buat larutan garam epsom dan air hangat dengan sedikit kental. Oleskan pada area nyeri otot selama 15 hingga 20 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Pilihan lain adalah dengan merendam tubuh Anda di bak mandi air panas dengan 1 cangkir garam Epsom setidaknya selama 20 menit.

Garam epsom untuk detoksifikasi

Sulfat yang terkandung dalam garam Epsom membantu tubuh dalam membuang racun. Sulfat membantu detoksifikasi logam berat dari sel-sel tubuh, sehingga menurunkan akumulasi zat berbahaya dalam tubuh. Anda bisa mencoba mandi detoks untuk menghilangkan racun dalam tubuh anda. Tambahkan dua cangkir garam epsom ke dalam bak air mandi, kemudian rendam tubuh anda selama 40 menit. Minum cukup air sebelum mandi detoks agar anda terhindar dari dehidrasi dan hasil detoksifikasi yang maksimal.

Menyuburkan rambut

Garam Epsom juga bagus untuk kesehatan rambut Anda. Beberapa manfaat garam epsom untuk kesehatan rambut diantaranya adalah menyuburkan rambut, menghilangkan kelebihan minyak pada kulit kepala dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Juga, garam epsom dapat menghilangkan akumulasi bahan kimia di kulit kepala yang menyebabkan masalah seperti rambut menipis, rambut rontok dan rambut berminyak. Selain itu, mineral dalam garam Epsom membantu memperbaiki dan memperkuat rambut yang rusak.

Campurkan garam epsom dan kondisioner dengan porsi yang sama. Setelah keramas oleskan campuran ini ke rambut dan diamkan selama 10 menit. Anda bisa mencobanya campuran ini seminggu sekali.

Membersihkan wajah secara alami

Di malam hari sebelum tidur, campurkan satu sendok teh garam Epsom dengan pembersih yang biasa anda gunakan. Berikut ini resep yang bagus untuk masker scrub yang dapat Anda gunakan. Potong tomat matang dan campurkan dengan putih telur, tambahkan setengah sendok teh bubuk vitamin B5, satu sendok teh gel lidah buaya, garam Epsom, dan beberapa tetes minyak timi. Oleskan campuran di wajah Anda selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat, ini adalah perawatan yang sangat baik untuk mencerahkan kulit.

Manfaat lain Garam epsom untuk kesehatan

  • Melindungi jaringan otak
  • Memperkuat dinding saluran pencernaan.
  • Mencegah pengerasan arteri dan pembekuan darah.
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi saraf.

Demikian artikel kami tentang garam epsom dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *