10 Makanan Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) Tinggi

Vitamin B1 yang biasa dikenal juga sebagai Thiamin atau Tiamin, adalah vitamin yang larut air yang biasa ditemukan di sebagian besar makanan. Jadi sebenarnya saat ini jarang terjadi tubuh kekurangan vitamin B1. Namun, bukan berarti kita tidak memperhatikan apa saja yang kita konsumsi dan menganggap memahami vitamin B1 Tiamin bukan merupakan hal yang penting. Karena ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan anda kekurangan vitamin B1. Mari kita memahami pentingnya dan sumber makanan terbaik vitamin B1 melalui posting ini.

Mengapa Vitamin B1 itu Penting?

Asupan vitamin yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan fungsi tubuh kita. Vitamin B1, juga dikenal sebagai thiamin atau thiamin adalah salah satu dari Vitamin B yang dibutuhkan untuk menyediakan energi alami dan kesehatan yang baik. Vitamin ini membantu dalam menjaga fungsi sel dan berbagai fungsi organ lainnya. Pemeliharaan sistem saraf pusat terletak pada vitamin ini. Dengan demikian, vitamin B1 memiliki peran penting untuk dalam menjaga kesehatan anda.

Akibat Kekurangan Vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan kelemahan atau kekurangan energi. Bahkan dapat menyebabkan degenerasi seluruh tubuh, khususnya sistem saraf dan peredaran darah dan penyakit beri-beri. Gejala kekurangan vitamin B1 termasuk kelelahan parah dan degenerasi sistem otot, saraf dan pencernaan.

Yang berisiko kekurangan vitamin B1

Kekurangan tiamin B1 disebabkan oleh mengkonsumsi diet rendah produk hewani dan berlebihan alkohol.

10 Makanan Kaya Vitamin B1

Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin B1 asupan yang direkomendasikan dan mencegah atau menyembuhkan kekurangan vitamin ini adalah menggabungkan makanan kaya vitamin B1 dalam diet Anda. Makanan yang disebutkan di bawah ini adalah beberapa sumber terbaik vitamin B1 dan karenanya, harus dimasukkan dalam diet Anda.

Baca Juga :  10 Makanan Mengandung Banyak Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

1. Kacang-Kacangan

Kacang termasuk dalam kategori makanan padat gizi dan mengandung vitamin B1 juga. Kacang macadamia adalah sumber terbaik vitamin B1 dengan 100 gram menyediakan 0,71 mg atau 47% dari nilai harian (DV) dari vitamin ini. Kacang lain yang merupakan sumber yang baik dari vitamin B1 termasuk kacang pistachio (13% DV), kacang Brasil (12% DV), kemiri (9% DV) dan kacang mete (7% DV). Jadi sekarang saatnya untuk menyerah makanan ringan olahan yang tidak sehat dan mulai mengunyah kacang untuk meningkatkan gizi.

2. Ikan

Ikan dikenal dengan konsentrasi tinggi asam lemak omega-3. Sebagian besar ikan juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B1. Tuna sirip kuning mengandung tingkat tertinggi vitamin B1, dengan kontribusi lebih dari 35% dari kebutuhan harian. Sementara, ikan trout memberikan 0,43 mg atau 28% nilai harian vitamin B1 dalam 100 gram hidangan. Varietas lain meliputi salmon (19% Nilai Harian), dan makerel (9% Nilai harian). Oleh karena itu, jika Anda adalah penggemar makanan laut, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih salah satu ikan ini sebagai menu diet Anda untuk mendapatkan jumlah vitamin B1 yang diperlukan.

3. Jamur

Jamur Shiitake yang cukup terkenal di dunia mengandung 0.01mg (1% Nilai Harian) per jamur. Sementara 1 cangkir Jamur Crimini mengandung 0.068 mg (4.5% Nilai harian).

4. Kacang Kapri

Jika Anda seorang vegetarian, Anda tidak perlu khawatir tentang asupan vitamin B1 Anda karena ada sayuran tertentu yang merupakan sumber vitamin ini. Kacang kapri adalah salah satu contohnya, yang memberikan 0,28 mg atau 19% Nilai harian vitamin B1 dalam 100 gram hidangan. Kacang kapri segar merupakan sumber yang sangat baik memberikan kontribusi 28% Nilai harian dalam porsi secangkir sementara jumlah yang sama jagung manis beku menyumbang 19% Nilai harian vitamin B1.

Baca Juga :  10 Sumber Makanan Kaya Vitamin B12

5. Labu

Labu tersedia dalam beberapa varietas dan beberapa diantaranya adalah sumber yang baik dari vitamin B1. Misalnya, labu acorn adalah sumber terbaik menyediakan 0,17 mg atau 11% Nilai harian vitamin B1 dalam 100 gram hidangan. Varietas lain termasuk dimasak Labu kuning menyumbang 10% Nilai Harian vitamin B1 dalam 1 cangkir hidangan.

6. Kacang Polong

Semua varietas polong-polongan, termasuk kacang navy, kacang hitam dan kacang pinto mengandung kadar tinggi vitamin B1 serta jantung protein yang sehat. Kacang navy adalah sumber terbaik thiamin menyediakan 0,24 mg atau 16% Nilai harian vitamin B1 dalam 100 gram hidangan. Polong-polongan lainnya yang merupakan sumber yang baik dari vitamin B1 kacang-kacangan kacang hitam (28% nilai harian) dan kacang kapri (22% Nilai harian).

7. Kacang Edamame

Selain merupakan kaya protein, kacang edamame adalah sumber vitamin B1, menyediakan 0,43 mg atau 28% Nilai harian dalam 100 gram hidangan. Namun, harus dikonsumsi dalam yang diatur karena mengandung kalori yang tinggi. Porsi 28,5 gram edamame mengandung 126 kalori.

8. Biji-bijian

Berbagai biji-bijian juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B1. Biji bunga matahari memiliki konsentrasi tertinggi vitamin B1 yang menyediakan 1,48 mg atau 99% Nilai harian dalam 100 gram hidangan. Biji wijen dengan 100 gram hidangan menyediakan 1,21 mg atau 80% Nilai harian vitamin B1.

9 Asparagus

Di antara sayuran hijau, asparagus merupakan sumber yang baik dari vitamin B1. 100 gram porsi asparagus menyediakan 0,16 mg atau 11% Nilai harian. Asparagus kalengan mentah memberikan 5% Nilai harian dalam setengah cangkir hidangan.

10.Roti

Roti yang terbuat dari tepung terigu juga mengandung sejumlah besar vitamin B1. Sepotong roti ini memberikan 0,14 mg atau 9% Nilai harian vitamin B1. Varietas lain roti yang merupakan sumber yang kaya vitamin B1 adalah roti gandum (9% Nilai harian).

Baca Juga :  10 Makanan yang mengandung kaya Vitamin B6

Demikian artikel kami tentang makanan kaya vitamin B1, semoga bermanfaat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *