Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Tidak banyak yang tahu, manfaat buah sawo bagus untuk kesehatan dan kecantikan kita. Buah sawo mudah sekali ditemukan disekitar kita. Sangat sayang jika kita harus melewatkan kelezatan dan manfaat buah sawo ini.

Buah sawo adalah buah berkulit coklat dengan tampilan luar mirip buah kiwi namun tanpa bulu halus dan masih anggota dari keluarga Sapotaceae di Amerika Tengah. Sawo memiliki daging  buah berwarna coklat dengan  biji berwarna hitam dan rasanya manis. Buah ini ditanam secara komersial di Meksiko sebagai bahan pembuatan permen karet. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah sawo juga memiliki manfaat sehat untuk kulit, rambut, tubuh dan bahkan ibu hamil.

manfaat buah sawo bagi tubuh dan kecantikan

Manfaat buah sawo untuk kulit dan kecantikan

Beragam vitamin, mineral dan antioksidan yang ditemukan dalam buah sawo menjadikannya buah pilihan yang luar biasa untuk kulit sehat dan bercahaya. Mari kita bahas manfaat buah sawo untuk kulit.

1. Membuat kulit lebih cerah

Buah sawo membantu dalam membuat kulit anda bercahaya, sehingga anda bisa mengurangi produk perawatan kulit. Vitamin E dalam buah ini melembabkan kulit anda, sehingga kulit tampak sehat dan cantik. Oleh karena itu, makan buah sawo baik untuk kulit cantik dan sehat.

2. Anti penuaan dini

Buah Sawo kaya antioksidan. Oleh karena itu, juga dapat bertindak sebagai anti penuaan dini. Memberantas radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk meningkatkan proses penuaan. Hal ini juga efektif dalam mengurangi kerutan.

3. Menghilangkan kutil dan menghambat pertumbuhan jamur

Getah susu pada tanaman sawo dapat digunakan untuk menghilangkan kutil dan pertumbuhan jamur pada kulit.

4. Memperindah kulit

Perpaduan vitamin A dan C yang terkandung pada buah sawo bagus untuk memperindah kulit.

Manfaat buah sawoo untuk kesehatan rambut

Seperti yang kita tahu, asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh kita dan penyerapan nutrisi ini merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut. Masalah rambut adalah hasil dari paparan bahan kimia berbahaya, gaya hidup yang tidak sehat dan tidak memadainya nutrisi penting tertentu dalam diet kita. Dengan sarat nutrisi penting, buah sawo memiliki kontribusi yang cukup terhadap kesehatan rambut. Berikut adalah manfaat sawo untuk rambut

5. Melembabkan dan melembutkan rambut

Minyak yang diekstrak dari biji sawo membantu dalam melembabkan dan melembutkan rambut anda, sehingga membuat rambut lebih mudah ditata. Rambut anda juga akan tampak kemilau sehingga bagi anda memiliki rambut keriting bisa tampak lebih baik.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut sehat

Minyak biji sawo memelihara kulit kepala dengan mengurangi iritasi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Minyak ini dianggap efektif dalam mengobati rambut rontok disebabkan oleh dermatitis seboroik.

7. Mengatasi ketombe

Biji sawo yang dihaluskan dan dicampur dengan minyak jarak  dioleskan pada  kulit kepala dan dicuci keesokan harinya. Maka rambut anda akan lebih halus dan masalah ketombe juga dapat diatasi.

Apa saja Manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh

Sawo adalah salah satu buah buah dengan manfaat besar bagi tubuh karena berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Daging lezat buah ini mudah dicerna dan mengisi tubuh kita dengan energi karena kandungan tinggi glukosa. Buah ini juga kaya akan vitamin, mineral dan tanin. Berikut manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh.

9. Menjaga kesehatan mata

Sawo mengandung kaya vitamin A. Menurut penelitian, Vitamin A membantu dalam meningkatkan penglihatan bahkan hingga usia tua. Dengan demikian, dalam upaya untuk mendapatkan atau mempertahankan penglihatan yang tetap bagus,anda harus mencoba makan buah sawo.

10. Buah sawo sebagai sumber energi

Sawo kaya glukosa yang menyediakan energi instan bagi tubuh. Orang yang hobi berolahraga membutuhkan banyak energi dan karenanya, disarankan untuk makan buah sawo.

11. Anti Inflamasi:

Tingginya kandungan tanin membuat sawo bertindak sebagai anti inflamas. Dengan kata lain, buah sawo membantu dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis, sindrom iritasi usus dan gastritis. Selain itu, juga mampu mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit

12. Pencegahan Kanker

Vitamin A dan vitamin B membantu dalam menjaga kesehatan lapisan lendir pada tubuh dan tekstur kulit. Antioksidan, serat makanan dan nutrisi yang ditemukan dalam sawo memberikan perlindungan terhadap kanker dan mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lendir usus besar. Vitamin A memberikan perlindungan dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

13. Menjaga kesehatan tulang

Tambahan kalsium, fosfor dan zat besi yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Karena buah sawo kaya kalsium, besi dan fosfor sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang.

14. Mengatasi sembelit

Buah Sawo mengandung kadar yang cukup tinggi serat makanan (5,6 / 100g). Dengan demikian, buah sawo dianggap sebagai obat mengatasi sembelit yang sangat baik. Sembelit sangat membutuhkan serat makanan. Ini berarti membantu membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil dan janin

15. Manfaat selama masa kehamilan

Manfaat buah sawo sangat bagus untuk ibu hamil dan menyusui karena memiliki dosis tinggi karbohidrat dan nutrisi penting. Ini membantu dalam mengurangi gejala lain dari kehamilan seperti mual dan pusing. Selain itu, buah sawo juga membantu agar ibu hamil tidak mudah lemah dan lelah.

Manfaat buah sawo bagi janin karena asam folat yang terkandung dalam buah sawo berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan juga membantu dalam perkembangan janin selama kehamilan. Disamping itu, bagus juga membantu untuk mencegah pembentukan homocysteine yang berbahaya bagi kesehatan.

16. Sifat Hemostatik

Sawo dikenal memiliki sifat hemostatik yang yaitu menghentikan pendarahan. Cukup membantu ketika bagian tubuh anda terluka untuk mengurangi pendarahan.

17. Sifat Anti-virus dan anti-bakteri

Karena kandungan antioksidan polifenol, sawo yang ditemukan memiliki beberapa anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri properti. Antioksidan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh manusia. Vitamin C menghancurkan radikal bebas berbahaya sedangkan kalium, zat besi dan folat, niacin, dan asam pantotenat memperlancar berfungsinya sistem pencernaan.

Manfaat buah sawo untuk diare

18. Menyembuhkan diare dan disentri

Manfaat buah sawo yang masih mentah adalah menyembuhkan diare. Caranya dengan mengambil 1 buah sawo mentah dan segar, kemudian anda kupas kulitnya, ambil daging buahnya untuk diparut. Setelah selesai diparut, campur parutan buah sawo dengan segelas air hangat dengan cara diseduh. Biarkan selama kurang lebih 10 menit dan minum airnya hingga habis,anda bisa melakukan cara ini 2 kali sehari.

Sementara untuk menyembuhkan disentri, bisa dengan menambahkan sedikit garam pada 1 buah sawo yang sudah dikupas, makan sedikit-sedikit hingga habis. Gunakan cara ini 2 kali sehari.

19.Mengurangi stres

Buah sawo bisa menjadi obat penenang alami, hal ini membantu untuk menenangkan saraf dan mengurangi stres. Dengan demikian, disarankan untuk individu yang menderita insomnia, kecemasan(anxiety) dan depresi.

20. Flu dan Batuk

Sawo buah yang efektif dalam menyembuhkan hidung tersumbat dan batuk kronis dengan memperlancar dahak dan lendir dari rongga hidung dan saluran pernapasan.

21. Batu Ginjal

Biji buah sawo yang ditumbuk bisa berfungsi sebagai diuretik, sehingga membantu untuk mengeluarkan batu ginjal. Selain itu juga memberikan perlindungan dari penyakit ginjal juga.

Manfaat buah sawo untuk diet

22. Membantu menurunkan berat badan

Buah sawo secara tidak langsung membantu dalam menurunkan berat badan dan mencegah obesitas dengan mengatur sekresi enzim lambung, sehingga mengatur metabolisme.

Kandungan gizi buah sawo

Buah sawo merupakan mengandung segudang nutrisi, vitamin, mineral, glukosa, tanin dan kalori. Sawo matang merupakan sumber mineral seperti kalium, tembaga, besi dan vitamin seperti folat, niacin, dan asam pantotenat. Senyawa ini penting bagi kesehatan secara keseluruhan karena keterlibatan senyawa tersebut dalam proses metabolisme dalam tubuh sebagai co-faktor untuk enzim yang berbeda.

Berikut kandungan beberapa nutrisi buah sawo

Kandungan gizi buah Sawo (tidak semua kami lampirkan)

Demikian artikel kami tentang manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *