10 Makanan Sumber Vitamin E

Sumber vitamin E dapat ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, seafood dan lain-lain. Mendapatkan cukup asupan Vitamin E bermanfaat bagi kulit, rambut, penglihatan, dan kekebalan tubuh kita. Dalam artikel ini kami menyusun 10 makanan kaya vitamin E yang mudah anda temukan di sekitar anda.

Dengan makan makanan yang mengandung vitamin E yang cukup, tubuh akan memperoleh banyak keuntungan diantaranya kulit awet muda dan sehat , sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan metabolisme meningkat. Apakah Anda menyadari pentingnya, fungsi dan sumber makanan terbaik dari vitamin E? Jika tidak, mari kita pelajari bersama mengenai makanan vitamin E yang terkenal bagus untuk kulit ini.

makanan sumber vitamin e tinggi

Vitamin E adalah nama kolektif delapan vitamin larut dalam lemak dengan sifat antioksidan yang berbeda. Umumnya vitamin E ada delapan bentuk kimia, yaitu alfa, beta, gamma, dan delta-tokoferol serta alfa, beta, gamma, dan delta-tocotrienol. Alpha tokoferol adalah satu-satunya bentuk vitamin E yang diakui untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Fungsi Vitamin E dalam tubuh

  • Vitamin E memainkan peran penting dalam mencegah kerusakan oksidatif dan melawan berbagai kondisi kesehatan degeneratif.
  • membantu untuk menjaga sistem peredaran darah, meningkatkan kemampuan penyembuhan dan mengurangi sindrom pramenstruasi pada wanita.
  • Makanan mengandung vitamin E juga diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan awet muda.
  • Para ilmuwan telah mengklaim peran Vitamin E dalam mencegah ketidakseimbangan mental yang degeneratif seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer pada orang tua.
  • Nutrisi ini juga diperlukan untuk pemeliharaan keseluruhan sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  • Vitamin E juga terlibat dalam signaling sel, regulasi ekspresi gen dan aktivitas metabolik lainnya.
  • Jumlah yang cukup dari vitamin E melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung dan degenerasi makula terkait usia.

Efek Buruk Kekurangan Vitamin E

Mudahnya mendapatkan makanan mengandung vitamin E tinggi membuat kekurangan vitamin E cukup jarang terjadi. Bayi prematur dengan berat badan lahir rendah lebih mungkin kekurangan suplemen makanan vitamin E. Vitamin E dapat mengurangi risiko infeksi dan kerusakan retina pada bayi tersebut.Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan parah pada kesehatan. Beberapa risiko kesehatan umum yang terkait dengan rendahnya tingkat vitamin E dalam tubuh adalah:

– Neuropati perifer
-Ataxia
-Retinopati
-Anemia
-Respon imun yang terganggu
-Miopati skeletal
-Transmisi rendah impuls saraf
-Kelemahan otot
-Rabun senja
-Kerusakan saraf
-Ketidakmampuan untuk berjalan
-Gangguan berkaitan reproduksi

Baca Juga :  15 Makanan Yang Banyak Mengandung Kalsium

Kelebihan Vitamin E

Sebaliknya, kelebihan konsumsi vitamin E dapat menyebabkan gangguan sistem imun. Kelebihan vitamin E juga dapat menyebabkan keracunan vitamin E karena sifatnya yang larut dalam lemak nya.

Asupan Vitamin E yang dianjurkan

Berikut adalah asupan vitamin E yang dianjurkan per hari.
0-6 bulan : 4 mg (6 IU)
7-12 bulan : 5 mg(7,5 IU)
1-3 tahun : 6 mg(9 IU)
4-8 tahun : 7 mg(10,4 IU)
9-13 tahun : 11 mg(16,4 IU)
>14 tahun : 15 mg(22.4 IU)
Ibu hamil : 15 mg(22.4 IU)
Ibu memberi ASI: 19 mg(28.4 IU)

10 Sumber Makanan Vitamin E Tinggi

Sangat mudah untuk mendapatkan jumlah harian vitamin E yang diperlukan dengan diet mengonsumsi kaya kacang-kacangan, minyak dan biji-bijian. Kandungan besar vitamin E juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan sereal. Selain itu vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Berikut adalah daftar 10 makanan kaya vitamin E untuk membantu Anda memenuhi nilai harian vitamin E.

1. Tahu

Tahu adalah makanan vegetarian yang dibuat dengan mengentalkan susu kedelai. Tahu adalah salah satu sumber yang kaya vitamin E. Tahu porsi 100 gram memberikan 5,3 miligram vitamin E, sekitar 25% dari nilai harian. Tahu salah satu makanan yang sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan gurih dan manis.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau yang biasa kita konsumsi merupakan makanan yang sangat bergizi juga. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun collard, lobak hijau dan kale adalah beberapa makanan sumber vitamin E terbaik. Bayam porsi 100 gram dapat membantu Anda memenuhi 10% dari nilai harian vitamin E. Lobak hijau menyediakan 13% dari nilai harian. Kale dan daun collard adalah sumber vitamin E lebih sedikit dan berkontribusi 8% dan 5% dari nilai harian. Satu porsi sawi hijau menyediakan 1,13 miligram vitamin E. Selain vitamin E, sayuran berdaun hijau adalah sumber antioksidan dan vitamin A juga.

3. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan ringan yang sehat dan enak. Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kacang pinus, pistachio, walnut dan pecan merupakan makanan penghasil vitamin E yang cukup terkenal. Almond merupakan sumber terkaya vitamin E, dengan porsi 1 cangkir menyediakan 37,5 miligram nutrisi penting ini. Hazelnut menempati urutan kedua dengan per ons porsi menyediakan 21% dari nilai harian. Pistachio, kemiri dan kenari menyediakan 2% dari nilai harian vitamin E. Kacang mentega juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, hanya dengan 2 sendok makan menyediakan 2,5 miligram vitamin E. Kacang-kacangan juga mengandung protein, vitamin A, kalsium dan fosfor . Kacang-kacangan akan menjadi tambahan yang bagus untuk salad dan hidangan pasta. Namun, kacang-kacangan tinggi kalori, sehingga jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

Baca Juga :  10 Sumber Makanan Kaya Vitamin B12

4. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung semua vitamin dan mineral tubuh kita tergantung pada fungsinya. Biji-bijian dikenal mengandung vitamin E tinggi. Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E. Porsi 100 gram menyediakan 36,6 miligram vitamin E, sebesar 176% dari nilai harian. Biji-bijian lainnya yang tinggi protein adalah biji labu, dan biji wijen. Kedua biji tersebut menyediakan 3% dari nilai harian vitamin E. Minyak bunga matahari juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E. Satu ons porsi menyediakan 5,6 miligram vitamin E dan 120 kalori.

5. Alpukat
Alpukat adalah salah satu sumber makanan paling lezat vitamin E dan C. Porsi 100 gram buah lezat ini memberikan kontribusi 4,1 miligram vitamin E dan 250 kalori. Alpukat juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K dan beberapa mineral penting. Alpukat sangat serbaguna. Menambahkan sepotong alpukat untuk salad atau sandwich bisa membantu kulit Anda tampak segar dan bercahaya.

6. Seafood
Makanan laut atau seafood seperti kerang, tiram dan ikan merupakan sumber makanan untuk vitamin E. 100 gram udang memberikan 11% dari nilai harian vitamin E. Tiram, di sisi lain, memberikan 7% dari nilai harian vitamin E. Ikan Rainbow trout adalah sumber terbaik dari vitamin E dari semua ikan. Ikan todak mengandung 10% dan ikan herring dan salmon asap menyediakan 6% dari kebutuhan harian vitamin E.

7. Minyak Tanaman

Minyak tanaman umumnya dihindari karena kandungan lemak jenuh yang tinggi. Namun, Anda mungkin perlu memasukkannya jika Anda kekurangan vitamin E. Tanaman seperti zaitun, bibit gandum, bunga matahari, canola dan minyak jagung merupakan sumber yang baik dari vitamin E. Minyak zaitun adalah sumber terbaik dari vitamin E diantara semua minyak tumbuhan . Dalam 100 gram porsi menyediakan 69% dari nilai harian vitamin E. Satu sendok makan minyak jagung menawarkan 4,8 miligram vitamin E dan minyak gandum memberikan 2,3 miligram. Tidak ketinggalan minyak biji anggur dengan satu ons porsi menyediakan 19% dari nilai harian vitamin E.

Baca Juga :  12+ Makanan Yang kaya Omega-3 (Ikan dan Selain Ikan)

8. Brokoli
Brokoli dianggap sebagai salah satu yang terbaik makanan detoks. Sayuran padat gizi ini adalah makanan sumber vitamin E juga. Sebuah 100 gram porsi brokoli menyediakan 1,5 miligram vitamin E. Ini merupakan sayuran yang rendah kalori dan mengandung hanya 54 kalori per cangkir. Tambahkan brokoli ke dalam sup Anda, salad atau memasak sebagai lauk untuk menikmati manfaat kesehatan yang mengagumkan.

9. Labu
Labu dan Labu kuning juga merupakan makanan penghasil vitamin E. 100 gram Labu kuning masak memberikan 6% dan labu menyediakan 9% dari nilai harian vitamin E. Anda dapat menikmati Labu dalam berbagai cara seperti dipanggang, dikukus, dan lain-lain. Labu juga memberikan tubuh dengan vitamin esensial A, C, serat, mangan dan potasium.

10. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah salah satu makanan sehat untuk yang seharusnya masuk dalam diet harian Anda. Ubi jalar adalah makanan sumber yang baik untuk vitamin E. 1 cangkir dimasak, ubi jalar menawarkan 15% dari nilai harian vitamin E. Nutrisi lain yang terkandung dalam ubi jalar adalah vitamin A, C, mangan, tembaga dan besi.

Makanan-makanan di atas adalah beberapa dari makanan kaya vitamin E. Yang perlu anda ketahui, manfaat vitamin E dapat berkurang banyak jika anda memasang atau menyimpan makanan terlalu lama. Jadi, pastikan Anda makan makanan kaya vitamin E yang tepat dalam bentuk segar dan alami untuk mendapatkan manfaat vitamin E yang lebih baik.

Demikian artikel kami tentang 10 makanan sumber vitamin E, semoga bermanfaat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *