10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

Diposting pada

Menurunkan kolesterol jahat atau LDL berarti menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan Stroke, menurut American Heart Association. Menurunkan kolesterol jahat merupakan bagian penting dan menentukan resiko anda terserang penyakit jantung dan stroke, bahkan lebih penting ketimbang menurunkan kolesterol keseluruhan.

cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat

Cara menurunkan kolesterol jahat secara alami dan cepat

Kadar kolesterol LDL sebaiknya di bawah 100 miligram per desiliter. Dengan membatasi faktor risiko, seperti merokok dan minum-minuman beralkohol secara berlebihan, dan mengikuti diet sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu anda mencapai kadar kolesterol LDL yang sehat. Berikut adalah 10 cara menurunkan kolesterol secara alami. 

Makan Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran merupakan makanan penurun kolesterol tinggi secara alami. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2004 dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” mengumpulkan data dari 4.466 subyek untuk menentukan hubungan antara kadar kolesterol LDL dan asupan buah dan sayuran yang tinggi. Para peneliti menemukan fakta baik pria dan wanita yang konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi, memiliki kadar kolesterol LDL lebih rendah. Jadi makan buah dan sayuran adalah salah satu pilihan dalam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. 

Menurunkan berat badan

Obesitas umumnya terkait dengan kadar kolesterol tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2007 dalam “Diabetes Care” menyimpulkan bahwa, pada pria obesitas dengan sindrom metabolik, penurunan berat badan bisa mengurangi konsentrasi LDL. 

Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat. Menurut National Heart, Lung and Blood Institute, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol HDL, kolesterol “baik”. Manfaat tersebut dapat diamati dari sedikitnya 60 menit dengan intensitas menengah olahraga aerobik per minggu. Jika anda bisa lebih aktif lagi dalam berolahraga maka bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Pola makan kaya serat

Sebuah karya tulis tahun 2008 yang diterbitkan dalam ” Current Atherosclerosis Report ” mencatat bahwa berbagai jenis serat larut, termasuk serat dari sayuran dan kacang-kacangan, telah terbukti menurunkan kolesterol LDL. Jadi jika anda ingin mengurangi kolesterol tubuh anda mulailah konsumsi makanan kaya serat.

Pilih Makanan kaya asam lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 adalah lemak yang menyehatkan jantung yang terdapat dalam berbagai jenis ikan laut. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal “Metabolism” menemukan fakta bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dikombinasikan dengan olahraga teratur mampu menurunkan kadar kolesterol dan lebih menyehatkan  dari pengobatan biasa.

Gunakan suplemen serat

Jika anda tidak memasukkan makanan kaya serat ke dalam menu diet anda, anda bisa coba suplemen serat larut. Suplemen serat diantaranya beta-glucan, pektin dan guargum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kurangi konsumsi lemak jenuh

Sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat memberikan dampak negatif pada kadar kolesterol anda. Selain itu, banyak makanan tinggi lemak jenuh juga tinggi kolesterol, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL lebih tinggi. Lemak jenuh terutama ditemukan dalam produk hewani seperti daging sapi, domba, babi dan produk susu seperti mentega, keju dan krim. Dengan membatasi konsumsi makanan ini, anda dapat menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga kolesterol LDL Anda kembali ke tingkat yang sehat.

Hindari Lemak Trans

Asam lemak trans dapat diproduksi melalui hidrogenasi komersial atau secara alami di dalam perut hewan memamah biak. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam “Public Library of Science” menemukan fakta bahwa semua lemak trans meningkatkan rasio kolesterol LDL banding HDL. Dengan menghindari makanan yang mengandung lemak trans atau tidak menggunakan minyak terhidrogenasi, anda dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh anda.

Coba konsumsi Psyllium

Dari semua suplemen serat, psyllium  khususnya dikenal karena potensinya untuk menurunkan kolesterol. MedlinePlus mengungkapkan bahwa psyllium sebagai salah satu yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol. Hanya dengan dosis 10 sampai 12 gram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 5 persen hingga 10 persen setelah tujuh minggu, menurut MedlinePlus.

Suplemen herbal lain

Ada beberapa suplemen herbal alami selain serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Diantaranya niacin, daun artichoke, kulit manggis dan beta sitosterol.

Demikian artikel kami tentang cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.