Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Diposting pada

Makanan yang mengandung banyak lemak tidak sehat merupakan pantangan penderita kolesterol tinggi yang wajib dihindari. Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah semua hewan dan diperlukan untuk berfungsinya membran sel dan produksi hormon. Tiga jenis lemak makanan dapat menaikkan kadar kolesterol Anda: lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol itu sendiri. Konsumsi berlebihan makanan kolesterol tinggi telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

makanan pantangan penderita kolesterol tinggi harus dihindari

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Barikut adalah makanan pantangan yang harus dihindari jika anda menderita kolesterol tinggi. Kuning telur
Kuning telur merupakan makanan yang mengandung kolesterol sangat tinggi. Satu kuning telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Namun hal berbeda disampaikan situs mayoclinic, makan kurang dari 4 kuning telur per minggu belum ditemukan peningkatan resiko seseorang menderita penyakit jantung. Jadi kuncinya adalah mengontrol konsumsi kuning telur dan produk makanan yang terbuat dari telur lainnya seperti martabak telur dan sebagainya.

Jeroan (hati)

Jeroan hati merupakan makanan pantangan yang wajib dihindari penderita kolesterol tinggi. Memang hati memiliki manfaat karena kandungan kandungan zat besinya. Namun, penderita kolesterol tinggi sebaiknya jangan mengambil resiko. Terdapat konsentrasi tinggi kolesterol dalam hati hewan. Pada 28 gram hati ayam saja mengandung 158 mg kolesterol. Sementara 85 gram hati sapi memberikan 331 mg kolesterol.

Butter (mentega)

Butter atau disebut juga mentega terbuat dari lemak hewan yang diproses dengan campuran beberapa bahan lainnya seperti air, garam, dan susu. Karena butter dari lemak hewan maka separuh lebih lemak yang terkandung adalah lemak jenuh (saturated fats). Lemak jenuh ini bisa diartikan tingginya kandungan kolesterol pada makanan tersebut. Pada satu sendok makan butter mengandung 30gr kolesterol.

Keju

Keju merupakan makanan yang kaya protein dan kalsium, namun ini makanan pantangan penderita kolesterol tinggi. Sebagian besar keju mengandung 123mg kolesterol per 100gram atau 21 mg per satu inchi potongan kubus.

Margarin

Margarin berasal dari lemak tumbuh-tumbuhan dalam proses pembuatannya membuatnya menjadi makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Dalam proses pembuatannya terjadi beberap perubahan struktur dari polyunsaturated fatty acid (asam lemak tak jenuh) menjadi trans fatty acids. Menurut para peneliti, ada kesamaan aksi dari trans fatty acids dengan saturated fatty acid (asam lemak jenuh). Maka dari itu peneliti menyarankan untuk memilih margarin rendah lemak trans.

Seafood

Seafood memang dikenal kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Pada 85 gram udang ukuran besar mengandung 179 mg kolesterol atau 60% nilai harian. Sementara kolesterol kerang dan lobster masing-masing 57 mg dan 124 mg dalam porsi 85 gram.

Daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan domba, cenderung mengandung lebih banyak kolesterol dan lemak jenuh daripada daging lainnya. Hal ini dapat berkontribusi untuk peningkatan kadar kolesterol Anda sendiri dan membuat yang sudah ada penyakit jantung buruk, menurut situs American Heart Association.

Fast food

Makanan cepat saji atau biasa disebut fast food mengandung banyak kolesterol. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari semua jenis fast food, seperti burger, french fries, fried chicken, milkshake dan sebagainya.

Susu

Beberapa dokter dan ahli gizi merekomendasikan para penderita kolesterol tinggi untuk menghindari susu dalam diet mereka. Namun hal ini tergantung seberapa tingi kadar kolesterol anda, dan banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut. Susu memberikan banyak nutrisi penting, seperti kalsium untuk tulang yang kuat. Ada makanan lain yang dapat memberikan nutrisi ini tetapi susu adalah pilihan yang nyaman dan lebih disukai banyak orang.

Terlebih saat ini terdapat pilihan susu rendah lemak atau malah tanpa lemak. Anda juga bisa mengganti susu hewan dengan susu kedelai yang dikenal memberikan lemak baik yang menurunkan resiko penyakit jantung.

Es krim

Es krim merupakan makanan yang lezat disantap ketika cuaca panas atau sebagai hidangan penutup. Namun yang harus anda ketahui, menurut situs everydayhealth.com, es krim mengandung kolesterol cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari kolesterol hamburger dan 10 donat. Jadi es krim merupakan makanan yang wajib dihindari penderita kolesterol.

Kue cake dan kukis

Kue cake dan kukis dalam proses pembuatannya menggunakan telur, margarin, keju, susu, krim dan sebagainya. Hal tersebut membuat makanan ini menjadi tinggi kolesterol. Namun anda masih bisa menikmati kukis, karena saat ini dipasaran tersedia kukis rendah kolesterol.

Ayam goreng

Ayam bisa menjadi alternatif daging rendah lemak. Namun cara memasak dan mengolah bisa membuatnya berbeda. Satu kaki ayam beserta kulit memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih besar dari burger dan secangkir es krim. Kulit ayam yang membuatnya menjadi makanan tinggi kolesterol.

Kentang goreng

Kentang goreng mengandung banyak lemak trans sehingga harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Lemak trans pada kentang goreng terbentuk dari pemanasan minyak nabati. Sama halnya lemak jenuh, lemak trans meningkatkan resiko penyakit jantung.

Dengan pola makan yang benar, seharusnya kadar kolesterol dalam tubuh akan terjaga. Namun apabila kolesterol dalam tubuh anda terlanjur tinggi, ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Demikian artikel kami tentang makanan pantangan penderita kolesterol tinggi, semoga bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.