10 Makanan Mengandung Banyak Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 atau Asam Pantotenat melakukan beberapa hal penting bagi tubuh. Beruntung sumber makanan vitamin B5 dapat dengan mudah kita dapatkan. Untuk memastikan asupan vitamin B5 anda cukup, kami akan menyajikan artikel tentang daftar makanan yang banyak mengandung Vitamin B5.

Vitamin B5 atau asam pantotenat adalah salah satu vitamin B yang vital untuk tubuh anda. Ini pada dasarnya adalah vitamin yang larut air yang memainkan peran penting dalam proses seluler dan pemeliharaan optimal lemak. Asam pantotenat membantu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga pengolahan makanan menjadi bahan bakar. Vitamin B5 juga memberikan dukungan ke kelenjar adrenal, memungkinkan kita untuk menangani situasi stres tinggi.

Makanan Mengandung Banyak Vitamin B5 Asam Pantotenat

Kekurangan vitamin B5 jarang terjadi pada manusia, tapi ketika itu terjadi dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, kram otot, apatis, mati rasa, paresthesia, lekas marah serta sensasi panas dan kesemutan pada tungkai. Jadi, untuk mencegah kekurangan vitamin B5 bisa dilakukan dengan memasukkan makanan yang kaya vitamin B5 dalam diet Anda.

10 Sumber Makanan Kaya Vitamin B5

Vitamin B5 ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayuran, daging, kacang-kacangan, telur dan susu. Berikut adalah makanan terbaik yang mengandung tingkat tertinggi vitamin B5.

1. Jamur

Jamur merupakan makanan alami yang mengandung beberapa nutrisi, vitamin B5 menjadi salah satu darinya. Jamur shiitake memiliki tingkat tertinggi asam pantotenat dengan porsi 100 gram menyediakan 3,59 mg atau 36% dari nilai harian (nilai harian) dari vitamin ini. Varietas lain dari jamur yang merupakan sumber yang baik dari vitamin B5 termasuk jamur putih (34% nilai harian), portabella panggang (15% nilai harian), jamur tiram (11% nilai harian) dan chanterelle (6% nilai harian) dalam porsi 1 cangkir. Anda dapat meletakkan jamur menjadi bagian dari diet Anda untuk meningkatkan vitamin B5 Anda.

Baca Juga :  15 Makanan Yang Mengandung Tinggi Vitamin B7 (Biotin)

2. Telur

Telur adalah makanan yang populer kaya vitamin B5. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Sebuah telur yang dimasak memberikan 0.70 mg atau 7% nilai harian vitamin B5. Sementara, cara yang baik mengkonsumsi telur untuk meningkatkan asupan vitamin B5 Anda adalah mengkonsumsi telur rebus untuk sarapan.

3. Ikan Berminyak

Ikan ini dikenal dengan nilai gizi yang luar biasa. Selain kaya akan asam lemak omega-3, ikan berminyak juga merupakan sumber vitamin B5. Diantara ikan berminyak, ikan trout adalah sumber terbaik vitamin B5 dengan 100 gram hidangan menyediakan 2.24 mg atau 22% nilai harian. Ikan berminyak lain yang mengandung jumlah berlimpah vitamin B5 termasuk salmon liar (16% nilai harian), salmon (13% nilai harian) dan tuna (12% nilai harian) dalam porsi 85 gram.

4. Daging sapi

Daging sapi merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B5. Sepotong bahu sapi yang dimasak mengandung 2,93 mg atau 29% nilai harian asam pantotenat. Bagian sapi lain yang merupakan sumber vitamin B5 termasuk tulang rusuk sapi (12% nilai harian), sirloin sapi muda (11% nilai harian) dan beef steak (12% nilai harian) dalam porsi 85 gram.

5. Ayam dan Kalkun

Ayam dan kalkun adalah makanan populer. Keduanya juga kaya akan vitamin B5. Memasak paha bawah ayam memberikan 0,55 mg atau 6% nilai harian vitamin B5. Sementara, paha kalkun (10% nilai harian), dada ayam (9% nilai harian) dan daging kalkun muda (8% nilai harian).

6. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari tidak hanya camilan populer tetapi juga sarat dengan vitamin dan mineral termasuk vitamin B5. Hanya dengan 100 gram porsi biji bunga matahari mengandung 7,06 mg atau 71% nilai harian vitamin ini. Biji-bijian lainnya juga mengandung vitamin B5 seperti biji rami, biji labu yang berkontribui masing-masing 9% dan 2% nilai harian vitamin B5.

Baca Juga :  10 Manfaat Vitamin E Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

7. Brokoli dan kembang kol
Sayuran yang banyak mengandung vitamin B5 diantaranya kembang kol dan brokoli. Selain memberikan dosis yang diperlukan vitamin B5, makanan ini juga sarat dengan banyak nutrisi yang memainkan peran kunci dalam berbagai kegiatan metabolisme.Secangkir brokoli menyediakan 19 persen nilai harian dan kembang kol memberikan 13% nilai harian vitamin B5.

8. Alpukat

Alpukat dikenal kaya nilai gizi dan tidak terkecuali vitamin B5. Sebuah alpukat mengandung 1,99 mg atau 20% nilai harian vitamin B5. Jadi buah sehat ini harus menjadi bagian dari diet Anda. Namun, anda harus membatasi konsumsi alpukat karena juga tinggi kalori. Hanya setengah alpukat mengandung 113 kalori dan 1,4 gram lemak jenuh.

9. Keju

Keju memiliki beberapa varietas dan banyak digunakan dalam sandwich, pizza dan resep lainnya. Sebagai produk susu, keju dianggap cukup berkhasiat. Di antara varietas keju, Gjetost adalah sumber terbaik vitamin B5 menyediakan 3,35 mg atau 34% nilai harian dalam 100 gram hidangan. Varietas lain dari keju yang mengandung vitamin B5 dalam jumlah yang lebih kecil termasuk keju biru (5% nilai harian), camembert (4% nilai harian) dan feta (3% nilai harian) dengan porsi 28,5 gram.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin B5 bagi vegetarian. Sebuah ubi jalar panggang memberikan anda dengan 1,01 mg atau 10% nilai harian vitamin ini. Namun ubi jalar relatif tinggi kalori (103 kalori) namun rendah lemak (kurang dari 0,2 gram). Anda dapat menggunakan ubi jalar sebagai bahan dalam masakan manis dan gurih untuk meningkatkan asupan vitamin B5 anda.

Demikian artikel kami tentang Makanan Mengandung Banyak Vitamin B5 Asam Pantotenat, semoga bermanfaat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *