10 Makanan yang mengandung kaya Vitamin B6

Dengan menambahkan makanan yang kaya vitamin B6 ke dalam diet Anda dapat menghindari beberapa masalah kesehatan. Kekurangan vitamin B6 sering dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti peradangan kulit, kebingungan, depresi, stroke, kejang, dan anemia.

Selain vitamin A dan vitamin C, vitamin B-kompleks juga memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui pentingnya setiap vitamin sehingga bisa dimasukkan dalam diet anda secara benar. Artikel ini akan memberitahu Anda pentingnya dan apa saja makanan sumber Vitamin B6.

makanan mengandung kaya vitamin b6

Pentingnya vitamin B6 untuk kesehatan

Vitamin B6 atau pyridoxine, adalah salah satu bagian vitamin B dimana merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dalam tubuh manusia. Vitamin B6 pada dasarnya adalah vitamin yang larut air yang memainkan peran penting dalam reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini membantu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu untuk memetabolisme makanan menjadi energi. Vitamin ini juga membantu untuk mengobati stres, depresi, kolesterol tinggi serta mengurangi gejala PMS (pre-menstruasi) dan menurunkan risiko gigi berlubang. Sangat penting untuk kesehatan saraf dan fungsi otak.

Akibat kekurangan vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan peradangan lidah, kelemahan, kelelahan, depresi, iritabilitas, kejang, kulit bersisik dan bibir pecah-pecah. Anda mungkin akan panik jika mengalami gejala-gejala tersebut tanpa menyadari bahwa ini karena kekurangan vitamin B6. Jadi asupan yang tepat dari vitamin ini melalui makanan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dan mencegah akibat kurangnya asupan Vitamin B6.

10 sumber makanan Vitamin B6 (Pyridoxine)

Berikut daftar makanan yang merupakan sumber yang kaya vitamin B6.

1. Bayam

Sebagian besar sayuran mengandung kadar tinggi vitamin B6 dan bayam adalah salah satu darinya. Satu porsi 100 gram bayam dimasak memberikan 0,24 mg atau 12% dari nilai harian (nilai harian) vitamin B6. Ini juga merupakan pilihan yang sehat untuk diet Anda seperti secangkir bayam dimasak mengandung hanya 41 kalori dan 0,47 gram lemak. Sayuran lain yang mengandung tingkat signifikan vitamin B6 termasuk brokoli, paprika, kentang panggang, kacang hijau, ubi dan lobak hijau.

Baca Juga :  10 Makanan Kaya Sumber Vitamin B3 (Niacin)

2. Daging sapi tanpa lemak

Vitamin B6 banyak ditemukan dalam daging. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang luar biasa, memberikan 0,68 mg atau 34% nilai harian vitamin B6 dalam porsi 100 gram. Varietas daging sapi lain yang merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 termasuk sirloin steak (29% nilai harian) dan filet steak. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin B6 Anda dengan memasukkan daging sapi dalam resep sederhana.

3. Ayam dan kalkun

Sumber non-vegetarian lainnya dari vitamin B6 termasuk ayam dan kalkun. Sebuah 100 gram porsi ayam atau kalkun mengandung 0,81 mg atau 40% nilai harian vitamin B6. Bagian lain yang tinggi vitamin B6 diantaranya kalkun tanpa lemak (46% nilai harian), dada ayam (28% nilai harian) dan sayap ayam (26%). Ayam dan kalkun sangat ringan dan dapat dengan mudah dimasukkan dalam resep sederhana dan juga makanan ringan seperti sandwich.

4. Bawang Putih

Bawang putih sering digunakan untuk bumbu dapur ternyata mengandung banyak nutrisi penting salah satu diantaranya vitamin B6. Dalam 3 siung mengandung 0,11 mg atau 5 % nilai harian vitamin B6.

5. Biji bunga matahari

Jika anda seorang vegetarian, Anda tidak perlu khawatir tentang asupan vitamin B6 anda karena ada beberapa varietas biji-bijian yang merupakan sumber yang kaya vitamin B6. Di antaranya, biji bunga matahari adalah yang terbaik dengan porsi 100 gram menyediakan 1,35 mg atau 67% nilai harian vitamin B6. Biji-bijian lain yang mengandung vitamin B6 termasuk biji wijen (11% nilai harian), biji rami (7% nilai harian) dan biji labu (2% nilai harian) masing-masing dalam 28gram melayani. Jadi mengunyah biji ini sebagai makanan ringan dapat meningkatkan asupan vitamin B6 anda.

Baca Juga :  10 Makanan Sumber Vitamin E

6. Ikan

Sama seperti daging, varietas ikan tertentu adalah sumber yang sangat baik dari vitamin B6. Tuna kuning adalah salah satu yang terbaik sumber makanan dari vitamin B6 dengan porsi 100 gram menyediakan 1,04 mg atau 52% nilai harian vitamin ini. Varietas ikan lainnya yang merupakan sumber yang kaya vitamin B6 termasuk salmon liar (40% nilai harian), salmon (29%), halibut (27% nilai harian), ikan todak (26% nilai harian) dan herring (22% nilai harian). Selain kaya vitamin B6, mereka juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

7. Pisang

Di antara buah-buahan, pisang sangat kaya akan vitamin B6. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung 0,43 mg atau 22% nilai harian vitamin B6. Pisang merupakan buah tinggi kalori dengan 105 kalori, tapi mengandung hanya 0,39 gram lemak. Anda bisa makan buah lezat ini secara langsung atau dengan variasi lain. Dengan tinggi kalori, juga menyediakan tambahan energi.

8. Alpukat

Alpukat adalah buah-buahan lain yang merupakan sumber yang kaya vitamin B6. Sebuah alpukat mengandung 0,39 mg, memberikan kontribusi 20% dari nilai harian vitamin B6. Tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena tinggi kalori dengan hanya setengah buah alpukat mengandung 114 kalori dan 1,4 gram lemak jenuh.

9. Buah dikeringkan

Selain buah-buah segar, beberapa buah-buahan dikeringkan adalah sumber besar vitamin B6. Porsi 100 gram plum kering mengandung 0,75 mg atau 37% nilai harian vitamin B6. Buah-buahan kering lainnya yang mengandung vitamin ini diantaranya aprikot (16% nilai harian) dan kismis (14% nilai harian) dikeringkan dalam porsi setengah cangkir. Dengan demikian, anda dapat mengganti makanan ringan bergula tidak sehat dengan buah-buahan kering ini untuk meningkatkan gizi.

Baca Juga :  15 Makanan Yang Mengandung Tinggi Vitamin B7 (Biotin)

10.Kacang

Kacang masuk dalam kategori makanan padat gizi dan mengandung sejumlah besar vitamin B6 juga. Di antara kacang-kacangan, pistachio adalah sumber terbaik dari vitamin B6 dengan porsi 100 gram menyediakan 1,12 mg atau 56% nilai harian vitamin B6. Kacang lainnya yang penting dalam hal ini termasuk hazelnut (9% nilai harian), kenari (8% nilai harian), kacang tanah (6% nilai harian), kacang macadamia (5% nilai harian) dan kacang mete (4% nilai harian). Kacang ini dapat menjadi makanan ringan yang sangat baik untuk meningkatkan tingkat vitamin B6 anda.Sekarang anda telah memahami pentingnya dan sumber makanan Vitamin B6, bukan? Demikian artikel kami tentang makanan yang mengandung kaya vitamin B6 (Pyridoxine), semoga bermanfaat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *