10 Makanan yang Mengandung Kaya Vitamin K

Diposting pada

Vitamin K dibutuhkan untuk menghindarkan anda dari kerusakan fungsi normal tubuh jangka panjang. Berikut adalah 10 makanan sumber vitamin K yang telah kami susun.

Vitamin merupakan bagian penting dari nutrisi kita sehari-hari. Tetapi jika membahas tentang vitamin K, kebanyakan dari kita kurang menyadari pentingnya dan peran yang dimainkan oleh vitamin K dalam kesehatan kita. Sebelum kita bahas apa saja makanan yang mengandung vitamin K, mari kita pelajari vitamin ini dan apa saja manfaat kesehatan yang ditawarkan vitamin K.

Sumber makanan mengandung banyak Vitamin K

Vitamin K pada dasarnya adalah vitamin larut dalam lemak di mana “K” diambil dari kata Bahasa Jerman “Koagulation” (Koagulasi) yang mengacu pada proses pembekuan darah. Dengan demikian, vitamin K sangat dibutuhkan untuk modifikasi protein dan pembekuan darah. Vitamin K tersedia dalam dua bentuk alami, vitamin K1 dan K2 vitamin.

  • Vitamin K1, juga dikenal sebagai phylloquinone, adalah bentuk dominan dari vitamin dalam makanan yang disintesis oleh tanaman.
  • Vitamin K2, juga dikenal sebagai menaquinones, dibentuk dengan mengulangi 5 unit karbon dalam rantai sisi molekul. Itu berasal dari sumber tanaman dan dibentuk oleh sintesis bakteri usus.

Kita semua menyadari pentingnya kalsium untuk kesehatan tulang. Vitamin K juga penting dalam hal ini karena membantu mencegah osteoporosis dengan membantu pembentukan bekuan darah dan retensi kalsium. Ini dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk menghasilkan osteocalcin, yang membantu tulang untuk berpegang pada kalsium. Vitamin K sering diberikan sebelum operasi untuk membentuk bekuan diperlukan untuk mengontrol pendarahan. Perempuan memiliki aliran menstruasi berat harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin K. Dosis kecil vitamin ini juga dapat membantu dalam menyembuhkan mual yang berhubungan dengan kehamilan trimester pertama. Terlepas dari osteoporosis, asupan vitamin K juga melindungi terhadap kanker dan penyakit jantung. Suplemen vitamin K membentuk bagian dari terapi antibiotik bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam menyerap lemak.

Asupan harian yang dianjurkan vitamin K

Kebutuhan harian vitamin K tergantung pada usia Anda. Tabel di bawah ini menunjukkan asupan harian vitamin K yang direkomendasikan untuk orang-orang dari kelompok usia yang berbeda.

Anak-anak 0-6 bulan : 2 mikrogram / hari
Anak-anak 7-12 bulan : 2,5 mikrogram / hari
Anak-anak 1-3 tahun : 30 mikrogram / hari
Anak-anak 4-8 tahun : 55 mikrogram / hari
Anak-anak 9-13 tahun : 60 mikrogram / hari
Gadis 14-18 tahun : 75 mikrogram / hari
Perempuan >=19 tahun : 90 mikrogram / hari
Wanita, hamil atau memberi ASI (19-50 tahun) : 90 mikrogram / hari
Wanita, hamil atau memberi ASI( < 19 tahun) : 75 mikrogram / hari
Anak laki-laki 14-18 :75 mikrogram / hari
Pria >=19 tahun :120 mikrogram / hari

Efek Buruk Kekurangan Vitamin K

Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko perdarahan yang tidak terkontrol. Kekurangan vitamin K jarang terjadi pada orang dewasa dan sangat umum pada bayi baru lahir. Dokter anak biasanya menyarankan suntikan vitamin K untuk bayi. Anda bisa mendapatkan jumlah yang cukup dari vitamin K dari diet Anda. Bahkan cara terbaik untuk mendapatkan jumlah yang disarankan vitamin K adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya vitamin K.

10 Makanan mengandung banyak Vitamin K

Di bawah ini merupakan sumber yang baik dari vitamin K dan dapat menjadi bagian dari diet Anda.

1. Tanaman herbal
Herbal yang terkenal untuk sifat obat karena kandungan nutrisi termasuk vitamin K. Basil kering, thyme kering dan sage kering adalah yang terbaik dalam hal ini, dengan menyediakan 51 mikrogram atau 64% nilai harian dalam porsi hanya satu sendok makan. Herbal lain yang merupakan sumber yang baik dari vitamin K termasuk peterseli segar (82% nilai harian), ketumbar kering, oregano kering dan marjoram kering serta kemangi segar masing-masing memberikan 10 mikrogram atau 13% nilai harian dalam satu porsi sendok makan.

2. Sayuran berdaun hijau gelap
Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan vitamin K serta kalsium. Kale adalah sumber terkaya memberikan tubuh 882 mikrogram atau 1103% nilai harian dalam porsi 100 gram. Dandelion hijau atau randa tapak dengan porsi 100 gram memberikan kontribusi 535% nilai harian vitamin K. Sayuran hijau lainnya termasuk sawi, brokoli, selada, lobak hijau, bayam, bit hijau, sawi hijau dan selada masing-masing memberikan 62,5 mikrogram atau 78 % nilai harian dalam porsi secangkir. Anda dapat menikmati sayuran hijau lezat dan renyah ini dalam salad atau resep sayuran kukus untuk meningkatkan tingkat vitamin K Anda.

3. Kubis Brussel

Sayuran lezat ini juga mengandung nutrisi dan vitamin K. Sebuah kubis Brussel memberikan anda 33,6 mikrogram atau 42% nilai harian vitamin K sementara 100 gram porsi menyediakan 194 mikrogram atau 242% nilai harian vitamin K. Kubis Brussel juga tinggi selenium yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Selain itu, kubis brussel baik untuk sistem pencernaan Anda dan memiliki sifat penurun kolesterol. Memasukkan kubis Brussels dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat vitamin K serta nutrisi lain seperti vitamin A dan C, zat besi, magnesium, tembaga, fosfor, kalium, folat, mangan dan serat makanan dalam tubuh.

4. Brokoli

Sayuran hijau dari keluarga kubis ini adalah salah satu makanan paling padat gizi yang dikenal sejauh ini. Brokoli juga dikenal rendah kalori. Kaya berbagai nutrisi termasuk vitamin K juga. Brokoli menyediakan 141 mikrogram atau 176% nilai harian vitamin K dalam porsi 100 gram. Ini menyediakan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, pencegahan kanker, kesehatan tulang dan pencegahan cacat lahir. Anda dapat mengkonsumsi brokoli kukus atau sup brokoli untuk menuai manfaat kesehatan yang luar biasa.

5. Bawang Daun

Bawang daun juga merupakan sumber yang baik dari vitamin K, menyediakan 207 mikrogram atau 259% nilai harian vitamin K dalam porsi 100 gram. Bawang daun juga memiliki kandungan melimpah vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, riboflavin, niasin dan tiamin serta mineral seperti mangan, kalsium, tembaga dan besi. Anda dapat memasukkan bawang daun dalam diet Anda dalam sup atau semur.

6. Kubis

Sayuran berdaun ini sangat bergizi dan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K. Kubis memberikan 76 mikrogram atau 95% nilai harian vitamin K dalam porsi 100 gram. Vitamin K juga merupakan sumber vitamin lain seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B5 dan vitamin B6. Anda bisa makan kubis mentah dalam salad atau menambahkannya pada masakan lainnya.

7. Asparagus

Asparagus mengemas banyak nutrisi, sayuran ini dikenal untuk sifat melawan penyakit. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan dikukus. Sebuah 100 gram porsi asparagus mengandung 80 mikrogram yang setara dengan 100% nilai harian vitamin K. Selain itu juga kaya akan nutrisi lain seperti folat, serat, vitamin A, C dan E dan kromium.

8. Acar Mentimun

Jika Anda menyukai acar, acar mentimun adalah salah satu yang sebaiknya masuk dalam daftar diet anda. Fakta telah menunjukkan bahwa acar mentimun merupakan sumber yang menakjubkan dari vitamin K. Hanya dengan porsi 100 gram acar mentimun memberikan 77 mikrogram atau 96% nilai harian vitamin K.

9. Wortel

Wortel masuk dalam kategori makanan kesehatan utama. Salah satu sayuran kaya antioksidan beta-karoten, wortel memiliki manfaat yang besar untuk mata Anda. Wortel adalah sumber yang baik dari vitamin K. Sebuah wortel ukuran sedang mengandung 8 mikrogram atau 10% nilai harian vitamin K. Wortel juga kaya vitamin A dan C, kalsium dan zat besi. Dengan kaya antioksidan, wortel memberikan perlindungan terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya.

10. Seledri

Seledri dikenal kaya antioksidan, vitamin dan mineral. Selain itu, seledri juga merupakan sumber vitamin K dengan porsi 100 gram menyediakan 29 mikrogram atau 37% nilai harian vitamin K. Seledri juga kaya akan folat, potassium, vitamin A dan vitamin C.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.