5 Jus dan Minuman Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Diposting pada

Kadar kolesterol terlalu tinggi dapat menyebakan beberapa penyakit terkait kardiovaskular. Resep jus untuk menurunkan kolesterol berikut merupakan cara alami yang untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh anda.

Kolesterol adalah lipid yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah tertentu untuk bekerja dengan baik. Namun, kadar kolesterol jahat akan meningkat seiring dengan gaya hidup dan pola makan yang buruk.

Semua ini menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kadar kolesterol jahat yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung , stroke dan masalah kesehatan lainnya.

jus dan minuman menurunkan kolesterol jahat
credit : HealthyFoodImages @pixabay/CC0

Kolesterol hadir di sebagian besar tubuh kita, terutama di sistem saraf, kulit, otot, hati, usus dan jantung. Pada gilirannya, ini dibagi menjadi dua kategori yang memungkinkan untuk mengidentifikasi apakah kolesterol “jahat” atau kolesterol “baik”, LDL atau HDL.

Kadar kolesterol jahat adalah hasil dari pola makan buruk, yang diisi makanan antara lain gorengan, manisan, makanan sintetis, lemak, atau sosis dan lain sebagainya.

Untuk hal ini, kolesterol baik, atau HDL, bertanggung jawab untuk mengumpulkan kolesterol jahat dari darah dan membawanya ke hati untuk dieliminasi. Justru inilah yang membuatnya “bagus”, karena bertanggung jawab membantu menghilangkan kelebihan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

5 Minuman dan jus penurun kolesterol jahat

Jika setelah analisis klinis terakhir, dokter menentukan bahwa kadar kolesterol anda tinggi, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan beberapa jus dan minuman buatan sendiri yang membantu mengendalikan masalah ini untuk mengurangi kemungkinan kemungkinan konsekuensi buruknya.

1. Jus Apel, bayam dan peterseli untuk menurunkan kolesterol jahat

Jus yang ampuh ini sangat ideal untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dan menghilangkan lemak dengan mudah dan cepat.

Bahan

  • 3 buah apel
  • 1 cangkir daun bayam mentah (30 g)
  • 1 segenggam peterseli

Pembuatan

Cuci dan persiapkan semua bahan. Potong apel tanpa mengupas kulitnya dan kemudian anda bisa membuang bijinya. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Anda bisa minum jus apel, bayam, dan peterseli ini sehari sekali untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

2. Jus kubis dan bawang putih – jus detox lemak dan kolesterol tinggi

Baik kubis dan bawang putih dikenal karena banyak manfaat kesehatan dan kemampuannya untuk detoksifikasi tubuh kita. Jus yang ampuh ini akan membantu menghilangkan kelebihan lemak dan kolesterol yang bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Bahan

  • setengah kubis ukuran sedang
  • 2 siung bawang putih
  • Setengah cangkir air (120 ml).

Pembuatan

Gerus terlebih dahulu bawang putih lalu masukkan ke blender bersama dengan kubis (sebelumnya dicuci dan dicincang), dan setengah gelas air. Blender semua bahan dan konsumsi secangkir jus ini setiap hari sampai kadar kolesterol anda turun.

Sebaiknya jangan minum jus kubis dan bawang putih ini untuk jangka panjang, karena kubis bisa melemahkan kelenjar tiroid.

3. Strawberry dan jus jeruk

Jus Strawberi dan jeruk ini selain rasanya lezat dan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, juga memiliki sifat yang memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan bahkan bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Bahan

  • 1 cangkir strawberry (100 g).
  • 2 jeruk
  • 1 kiwi

Pembuatan

Cuci Strawberry dan kiwi. Kupas kulit kiwi dan potong-potong strawberry. Ekstrak jeruk dengan juicer. Masukkan kiwi dan strawberry dalam blender bersama dengan ekstrak air jeruk. Blender beberapa menit. Minum jus strawberry, jeruk dan kiwi ini rutin selama 2 minggu untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda.

4. Wortel, peterseli dan jus bayam

Jus sayuran hijau adalah yang paling dianjurkan untuk menjadi sehat dalam segala hal dan menghindari masalah kolesterol. Jus yang ampuh ini akan membantu anda menghilangkan kolesterol dan lemak.

Bahan

  • 4 wortel
  • 3 cabang peterseli
  • 2 daun bayam

Pembuatan

Cuci bersih semua sayur, dan potong-potong. Masukkan semua bahan ke dalam jus ekstraktor. Minum jus saat perut kosong atau setelah makan selama 15 hari berturut-turut.

5. Jus Lemon, baking soda dan peterseli

Jus Lemon baking soda dan peterseli ini sangat ideal bagi mereka yang ingin mencegah atau memerangi kadar kolesterol jahat yang tinggi dan, secara umum, meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Bahan

  • 100-120 tangkai peterseli dengan daun
  • 3 liter air mineral
  • 2 sendok teh baking soda
  • 1 kg lemon

Pembuatan

Pertama, cuci lemon dengan air dingin dan kemudian masukkan ke dalam semangkuk air hangat yang sebelumnya dicampur dengan baking soda. Biarkan lemon tetap di air hangat dengan baking soda selama sekitar satu jam. Dengan cara ini mereka akan dibersihkan dengan sempurna dan mereka juga akan mendapatkan nutrisi dari baking soda. Kemudian, basuh peterseli secara menyeluruh dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian potong lemon juga dengan kulitnya.

Masukkan lemon dan peterseli ke dalam panci dengan 3 liter air mineral. Masak campuran ini dengan api kecil selama sekitar 2 sampai 3 jam sampai separuh air telah menguap. Terakhir, biarkan campuran mendingin, masukkan ke dalam saringan terlebih dahulu dan kemudian masukkan air campuran ini ke dalam teko.

Dianjurkan untuk menyimpan minuman ke dalam kulkas dan minum 50 ml, setiap hari pada waktu perut kosong dan tunggu setengah jam sebelum makan.

Anda bisa mencoba salah satu dari 5 jus dan minuman untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di atas. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika anda juga sedang minum obat penurun kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.