10 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Ibu Hamil

Diposting pada

Makanan tinggi zat besi untuk ibu hamil dibutuhkan untuk mencegah anemia selama kehamilan. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi hingga 2 kali lipat dibanding wanita sebelum hamil. Simak makanan tinggi zat besi untuk ibu hamil berikut ini!

makanan mengandung tinggi zat besi untuk ibu hamil
Credit : RitaE @pixabay / CC0 1.0 Universal

Pentingnya asupan zat besi kerap kali dilupakan sebagian ibu hamil. Akibatnya, tak jarang ibu hamil terserang anemia. Anemia yang terjadi pada ibu hamil di trimester pertama serta kedua berisiko meningkatkan risiko kelahiran janin prematur dan bayi lahir berat badan rendah.

Apa itu zat besi dan berapa banyak kebutuhan Zat Besi bagi Ibu hamil ?

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, suatu zat dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selama masa kehamilan, kebutuhan terhadap zat besi lebih banyak hingga 2 kali lipat dikarenakan tubuh anda harus memasok darah dan oksigen ke janin anda. Kebutuhan terhadap kandungan zat besi meningkat pula seiring pertumbuhan janin. Dibutuhkan setidaknya 27 mg zat besi setiap hari selama masa kehamilan.

Makanan Sumber Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Tidak sedikit ibu hamil yang kekurangan zat besi selama masa kehamilannya. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya zat besi terutama bagi yang menderita anemia. Berikut ini beberapa makanan zat besi tinggi untuk ibu hamil :

Spirulina

Spirulina biasa didapatkan dalam bentuk bubuk. Ini berasal tanaman ganggang berwarna hijau kebiruan. Spirulina merupakan makanan zat besi tinggi untuk ibu hamil. Hanya dengan 1 sendok teh spirulina akan memberi anda 2 mg zat besi. Menambahkan Spirulina pada makanan anda juga akan memberikan anda sejumlah asam amino esensial, protein, vitamin B, vitamin C, D, dan E.

Hati sapi

Hati sapi dapat menjadi asupan sangat bergizi bagi ibu hamil. Dalam hati sapi terdapat beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi ibu hamil antara lain protein, 4 jenis asam amino essential dan vitamin B12. Selain itu, hati sapi mampu mencukupi zat besi yang dibutuhkan anak-anak maupun orang dewasa dengan 17,9 mg per 100 gram.

Kedelai

Kedelai merupakan makanan tinggi zat besi untuk ibu mengandung dengan 15,7 mg per 100 gram. Kedelai biasa menjadi bahan utama pembuatan tahu dan tempe. Dalam kedelai terkandung senyawa fitoestrogen untuk mencegah beragam penyakit akibat gangguan hormone estrogen. Kedelai juga mengandung protein dan kalsium yang cukup tinggi.

Gurita

Di Jepang, Korea dan China gurita biasa dikonsumsi. Sedangkan Indonesia masih sangat rendah minat mengkonsumsi gurita. Gurita mengandung omega 3, EPA, lemak, kalsium, vitamin B6, B12, serta vitamin C. Gurita termasuk makanan kaya zat besi zat besi yang tergolong tinggi yakni 9,5 mg per 100 gram.

Kacang merah

Jenis kacang ini biasa dimasak sebagai campuran sup maupun beberapa pasta. Kacang merah diperkaya berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain : antioksidan, serat larut, protein dan zat besi dengan jumlah yang cukup tinggi sekitar 8,2 mh per 100 gram

Tiram

Bahan makanan yang satu ini mengandung protein, vitamin B12, vitamin D, selenium, tembaga, mangan dan zat besi yang cukup tinggi. Mengonsumsi tiram memberi 7 mg per 100 gram sajian. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi tiram yang benar-benar matang. Tiram mentah atau setengah matang bisa membahayakan janin dan kesehatan anda.

Bayam

Sayur yang satu ini tentunya telah banyak diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bayam dikenala sebagai salah satu makanan sumber zat besi untuk ibu hamil. Bayam mengandung zat besi sekitar 3,6 mg per 100 gram. Serat larut dalam bayam membantu menurunkan jumlah kolesterol tubuh. Selain itu, bayam mengandung vitamin C, vitamin A dan kalium.

Biji labu kuning

Ibu hamil yang menderita anemia bisa memanfaatkan biji labu kuning untuk meningkatkan asupan zat besi mereka. Dalam 100-gram porsi biji labu kuning kupas mengandung 14,9 mg zat besi, yang merupakan 53% dari angka kecukupan gizi ibu hamil. Selain itu, biji labu kuning adalah sumber vitamin K, seng, magnesium dan mangan yang baik.

Daging merah

Daging merupakan makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang cukup komplit bagi ibu hamil. Dalam 100 gram daging merah mengandung 2,6 mg zat besi. Daging juga kaya protein, seng, selenium, dan vitamin B kompleks yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil.

Asparagus

Di Indonesia asparagus dapat dibeli di supermarket. Asparagus mengandung serat, vitamin C, vitamin A dan folat. Selain itu, asparagus adalah makanan sumber zat besi untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Hanya dengan 6 batang asparagus akan memberi anda 2,2 mg zat besi.

Demikian artikel kami tentang 10 makanan tinggi zat untuk ibu hamil, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.