10 Makanan Untuk Mengatasi Depresi dan Stres

Diposting pada

Ada berbagai cara untuk mengurangi depresi dan stres, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan untuk mengatasi depresi.  Kandungan dalam  makanan yang dapat mengatasi dan menghilangkan depresi berikut dapat mengubah suasana hati anda lebih baik.

Merasa depresi, stres atau tertekan sesekali kita rasakan dalam hidup dimana hal ini berhubungan dengan kehilangan, perjuangan hidup atau kepercayaan diri yang hilang. Namun jika kesedihan terjadi secara terus menerus dan perasaan menjadi tak berdaya, putus asa dan merasa hidup tidak berharga hingga membuat hidup anda tidak berjalan normal, anda mungkin menderita depresi klinis, hal yang umum namun merupakan gangguan mood yang serius. Depresi dapat menyebabkan gejala yang parah yang mempengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir dan melakukan kegiatan sehari-hari, seperti tidur, makan atau bekerja. Untuk itu menyembuhkan depresi merupakan hal yang penting.

makanan untuk mengatasi dan menghilangkan depresi dan stres

Mengatasi dan menyembuhkan depresi memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang biasanya dicoba untuk menyembuhkan depresi, misalnya melakukan terapi, minum obat, meditasi, latihan fisik dan bahkan diet untuk membantu mengatasi depresi. Banyak makanan telah terbukti secara ilmiah untuk mengangkat suasana hati seseorang, dan anda harus memasukkan makanan tersebut dalam diet anda untuk membantu meringankan depresi anda dengan cara yang aman dan alami. Makanan yang mengandung nutrisi, seperti asam lemak omega-3, tryptophan, vitamin D atau vitamin B, memiliki dampak langsung pada suasana hati.

Berikut adalah 10 makanan untuk mengatasi stres dan depresi.

Teh Hijau – penurun depresi

Minum teh hijau dipercaya dapat membantu mengurangi depresi. Teh hijau kaya dengan antioksidan dan asam amino, teh hijau dapat membantu anda mengatasi depresi dengan cara alami.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan di Public Health Nutrition bahkan menunjukkan bahwa orang yang lebih sering minum teh hijau dihubungkan dengan prevalensi lebih rendah menderita gejala depresi. Bila dibandingkan dengan peserta mengkonsumsi hanya satu cangkir teh hijau per hari, mereka yang mengkonsumsi lebih dari empat cangkir per hari memiliki prevalensi 51 persen lebih rendah dari gejala depresi setelah penyesuaian terhadap faktor potensial.

Theanine, komponen asam amino dari teh hijau dan hitam, sangat bermanfaat untuk kondisi kejiwaan. Asam amino ini memiliki sifat psikoaktif yang mengurangi stres dan meningkatkan kadar dopamin di otak.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience menyoroti efek neurobiologis positif dari komponen theanine teh hijau dan peran potensial dalam pengobatan gangguan kejiwaan dan neurodegenerative, termasuk depresi, skizofrenia, gangguan obsesif kompulsif (OCD) dan gangguan bipolar. Jadi teh hijau merupakan minuman yang tepat untuk orang menderita depresi.

Coklat hitam – makanan untuk mengurangi depresi

Coklat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, yang memiliki kualitas hampir sama dengan antidepresan. Selain itu, coklat hitam mengandung karbohidrat dalam bentuk gula, yang memerintah tubuh untuk memproduksi lebih banyak serotonin.

Selain itu, cokelat hitam memperlambat produksi hormon stres, yang pada akhirnya dapat mengurangi rasa cemas.

Konsumsi cokelat hitam bahkan dapat mengurangi efek dari sindrom kelelahan kronis, karena kandungan flavonoid-nya.

Salmon – makanan sehat untuk depresi

Ikan salmon dikenal kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu melawan depresi. Penderita depresi biasanya memiliki asupan rendah omega-3 asam lemak, yang mendukung fungsi otak yang normal dengan mengurangi peradangan.

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Lipids in Health and Disease melaporkan bahwa ada cukup epidemiologi, laboratorium dan bukti klinis yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memainkan peran dalam kasus-kasus depresi tertentu.

Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam CNS Neuroscience & Therapeutics melaporkan bahwa omega-3 asam lemak lebih efektif daripada plasebo (obat tanpa efek) untuk depresi baik pada orang dewasa maupun remaja.

Salmon juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan, karena meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan. Beberapa alternatif ikan yang juga kaya omega 3 adalah ikan tuna, sarden dan teri.

Telur – makanan pencegah depresi

Telur yang biasa dijadikan lauk untuk sarapan ini mengandung protein dan nutrisi lainnya efektif untuk mengurangi depresi. Telur adalah sumber yang baik dari zat seng, mikronutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan produksi dan fungsi neurotransmitter.

Dengan mengonsumsi makanan kaya seng seperti telur, Anda bisa melawan kekurangan zinc serta depresi dan gangguan yang mungkin lainnya.

Seiring dengan seng, telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D, kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry melaporkan bahwa konsentrasi vitamin D rendah dikaitkan dengan depresi, dan menyoroti kebutuhan untuk peningkatan vitamin D untuk pencegahan dan pengobatan depresi.

Selain itu, telur kaya akan vitamin B12, yang membantu membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf yang sehat.

Ketika datang ke makan telur, Anda dapat mencoba telur rebus, omelet, orak-arik telur dan sebagainya.

Almond – makanan untuk mengobati depresi

Makanan lain yang baik untuk mengatasi depresi adalah almond, terutama karena kandungan magnesium tinggi. Magnesium mempengaruhi produksi serotonin, yang memberikan pengaruh mood dalam otak. Mineral ini juga mempengaruhi produksi energi secara keseluruhan.

Bahkan, level magnesium yang rendah dalam tubuh dihubungkan dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses menemukan fakta bahwa kekurangan zat magnesium adalah penyebab dari kebanyakan depresi berat dan terkait masalah kesehatan mental. Makanan kaya magnesium dapat membantu mengobati sebagian besar gejala depresi.

Nutrisi bermanfaat lain dalam almond adalah selenium, yang dapat membantu mengurangi gejala depresi. Selenium berperan memproduksi hormon tiroid sehingga mencegah penurunan fungsi tiroid yang memberikan berdampak positif untuk gejala depresi.

Almond juga merupakan salah satu sumber mineral sel, yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan produksi dan fungsi neurotransmitter.

Blueberry – makanan penghilang stres dan depresi

Blueberry kaya akan antioksidan yang mendukung fungsi otak yang tepat dan meningkatkan fungsi kognitif. Buah ini merupakan makanan sangat efektif untuk menghilangkan stres dan depresi.

Dalam studi terbaru tahun 2016 oleh Federation of American Societies for Experimental Biology, peneliti melakukan serangkaian studi pada tikus dan menemukan fakta bahwa makan blueberry dapat membantu mengurangi perubahan genetik dan biokimia penyebab depresi dan kecenderungan bunuh diri terkait dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD ).

Makan blueberry juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel otak baru. Bahkan, flavonoid yang ditemukan dalam blueberry membantu neuron dopamin di otak bertahan hidup lebih lama.

Juga, blueberry mengandung nutrisi meningkatkan suasana hati seperti vitamin B-kompleks serta selenium, seng dan kalium. Semua nutrisi ini memiliki efek positif pada kesehatan neurologis dan otak.

Pisang – makanan pereda depresi

Setiap kali Anda merasa stres atau depresi, anda bisa makan 1 atau 2 pisang untuk mengurangi depresi tersebut. Pisang mengandung jumlah tinggi tryptophan, yang dikenal untuk meningkatkan tingkat serotonin tubuh. Ini hanya salah satu komponen meningkatkan suasana hati dalam pisang.

Selain itu, pisang membantu dalam memproduksi tirosin, blok bangunan untuk norepinefrin dan dopamin, dua neurotransmitter penting yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Selain itu, pisang juga menyediakan vitamin B6, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi serotonin dari triptofan. Empat vitamin B yang lainnya seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3) dan folat (B9) juga terkandung dalam buah pisang.

Salah satu gejala depresi, insomnia dapat diobati dengan pisang. Triptofan di dalamnya dapat membantu anda lebih mudah untuk terlelap.

Alpukat – makanan untuk melawan depresi

Alpukat merupakan salah satu buah kaya asam lemak omega-3 dimana pilihan yang baik untuk melawan depresi. Alpukat juga mengandung kalium, yang penting untuk kesehatan mental dan fungsi otak. Ini bantu mengangkut serotonin, sebuah neurotransmitter yang meningkatkan rasa bahagia. Bahkan, tingkat kalium yang rendah dapat berkontribusi pada rasa cemas, perubahan suasana hati dan depresi.

Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dalam bentuk asam oleat dapat meningkatkan mood anda, dan membantu melawan depresi dan depresi postpartum. Alpukat juga kaya tryptophan, asam amino yang membantu mengurangi stres dan mendorong relaksasi.

Bayam – makanan yang baik untuk depresi

Berbicara mengenai makanan yang baik untuk depresi, sayuran hijau gelap seperti bayam tidak bisa diabaikan. Bayam kaya nutrisi, seperti asam folat, magnesium, dan seng, yang penting untuk kesehatan otak dan mengatasi gejala depresi. Nutrisi ini juga memastikan berfungsinya saraf dan otot.

Asam folat memperbaiki suasana hati yang buruk dan mengurangi kelelahan. Bahkan, orang dengan kadar asam folat yang rendah dalam tubuh cenderung mengalami gejala depresi, seperti kelelahan dan apatis.

Magnesium, nutrisi lain dalam bayam, yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat serotonin yang tepat dalam tubuh, dimana serotonin memainkan peran utama dalam menentukan suasana hati dan mengatur perilaku sosial. Tingkat magnesium yang rendah dapat menyebabkan penurunan serotonin, yang cenderung mengarah ke depresi.

Asparagus – makanan untuk menyembuhkan depresi

Asparagus merupakan sayuran hijau serbaguna yang juga bermanfaat bagi orang yang menderita depresi. Asparagus membantu meningkatkan kadar asam folat rendah yang terkait dengan depresi.

Asparagus juga mengandung vitamin B, yang penting untuk meningkatkan suasana hati. Ditambah, asparagus mengandung tryptophan, yang meningkatkan serotonin di otak dan membantu mencegah depresi dan kecemasan.

Demikian artikel kami tentang 10 makanan mengatasi depresi dan stres, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *